Bursa Transfer

Rumor Transfer Liga 1: Bauman ke Arema FC, Ferreira Hengkang dari PSS Sleman

Sabtu, 28 Desember 2019 13:34 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Herry Ibrahim/Indosport.com
Rumor bursa transfer kala memasuki Liga 1 2020 menampilkan Jonathan Bauman yang dikabarkan ke Arema FC hingga Brian Ferreira resmi hengkang dari PSS Sleman. Copyright: © Herry Ibrahim/Indosport.com
Rumor bursa transfer kala memasuki Liga 1 2020 menampilkan Jonathan Bauman yang dikabarkan ke Arema FC hingga Brian Ferreira resmi hengkang dari PSS Sleman.

INDOSPORT.COM - Rumor bursa transfer kala memasuki Liga 1 2020 menampilkan Jonathan Bauman yang dikabarkan ke Arema FC hingga Brian Ferreira resmi hengkang dari PSS Sleman.

Ajang Liga 1 2019 sudah berakhir 22 Desember. Sederet klub telah memberikan jatah libur kepada para pemain, staf pelatih, hingga manajemen.

Mereka diistirahatkan karena telah melalui kompetisi yang sangat padat, lantaran Liga 1 2019 ini berjalan selama delapan bulan saja.

Tak jarang klub-klub Liga 1 harus melakoni pertandingan dua hingga tiga kali dalam sepekan. Hal ini sangat menguras tenaga para pemain.

Memasuki jendela transfer yang bakal dibuka nanti, sederet pemain telah dirumorkan bakal berpindah dari klub lama ke tim yang baru. Adapula yang dipertahankan.

Perpindahan pemain antarklub di seluruh dunia cukup wajar. Sebab mereka bisa saja ingin mencari tantangan baru atau bertahan untuk memberikan kontribusi di musim depan.

Untuk lebih lengkapnya redaksi INDOSPORT coba merangkum deretan rumor bursa transfer Liga 1 yang bergulir cukup panas, Sabtu (28/12/19).

1. Barito Putera

© Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Barito Putera, Djadjang Nurdjaman sesuai pertandingan menghadapi Persib Bandung di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Minggu (24/11/2019). Copyright: Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Barito Putera, Djadjang Nurdjaman.

Pemain Barito Putera, Yakob Sayuri, dikabarkan masuk dalam radar klub lain. Akan tetapi, dirinya menunggu sikap dari manajemen Laskar Pangeran Antasari.

“Ya, memang ada tawaran dari mereka (beberapa klub). Ada dari Liga 1 dan Liga 2. Namun, saya ingin menegaskan komitmen bersama Barito Putera,” ungkap Yakop, Jumat (27/12/19).

Selain itu, kepala pelatih Djadjang Nurdjaman menjelaskan kalau pihaknya telah menghubungi sejumlah pemain untuk didatangkan.

“Kami sudah ada pembicaraan dengan beberapa pemain, rata-rata pemain yang kami hubungi bilang oke (bergabung ke Barito Putera),” imbuh Djadjang.

2. Persib Bandung

© Indosport/Yooan Rizky Syahputra
Logo Tim sepak bola asal Kota Bandung lautan api ,PERSIB 16/4/2019. Copyright: Indosport/Yooan Rizky Syahputra
Logo tim sepak bola asal Kota Bandung lautan api PERSIB.

Persib Bandung saat ini kedatangan pemain lokal eks Persiba Balikpapan Beni Oktavianto. Bahkan sang pemain dikabarkan telah menjalani tes medis.

"Belum resmi itu kan baru medical tes kemarin, makanya dia di Mes, jadi belum (resmi)," kata Direktur PT PBB, Teddy Tjahjono, Jumat (27/12/19).

Kemudian, Teddy juga buka suara akan sejumlah pilar yang dirumorkan bakal ke Persib. Menurutnya, semua itu tidak benar sebelum ada pengumuman resmi.

"(Ganiyu Oseni) Bukan itu hoaks. (Ferdinand, Asep Berlian, Gavin) Bukan itu hoaks semua. Salah semua itu tidak ada yang benar," sambung Teddy.

3. Arema FC

© INDOSPORT
Logo Arema FC. Copyright: INDOSPORT
Arema FC.

Arema FC dikabarkan masih malu-malu dalam mengumumkan kepala pelatih baru untuk Liga 1 2020. Hal itu disampaikan langsung oleh General Manager, Ruddy Widodo.

"Ada pertimbangan mengapa kami memundurkan agenda perkenalannya sampai Januari nanti," ujar Ruddy, Jumat (27/12/19).

"Selain yang bersangkutan masih ingin fokus libur, juga sebagai bentuk respek kami dengan mantan klubnya yang baru mengakhiri kontrak kerja," sambungnya.

Berikutnya, stiker asal Argentina, Jonathan Bauman, santer terdengar akan berlabuh ke Arema FC. Bahkan, Bauman membenarkan hal itu.

"Ya (siap merapat ke Arema FC). Saya dihubungi mereka setiap hari,” jawab Bauman dikutip dari Bandung Football, Rabu (25/12/19).

4. PSS Sleman

© Ronald Seger/INDOSPORT
Brian Ferreira pada laga melawan PSIS Semarang Copyright: Ronald Seger/INDOSPORT
Brian Ferreira meninggalkan PSS Sleman.

Masa depan gelandang asal Brasil, Brian Ferreira, di PSS Sleman akhirnya menemui titik temu. Ferreira memilih untuk tak memperpanjang masa baktinya.

“Terima kasih kepada semua orang di PSS Sleman untuk tahun yang indah ini. Dengan alasan tertentu, saya akan melanjutkan karier di klub lain. Namun, PSS selalu akan tertambat di benak saya,” tulis Brian di akun media sosial Instagram pribadinya.

Selanjutnya PSS Sleman memberi perpanjang kontrak pada gelandang Ocvian Chanigio hingga dua musim ke depan. Hal itu dibenarkan oleh sang pemain.

"Tentu senang kembali mendapat kesempatan memperkuat PSS. Ini jadi kesempatan saya untuk terus berkembang dan belajar di Liga 1," ungkap Ocvian kepada INDOSPORT, Jumat (27/12/19).

5. Persela Lamongan

© Instagram@perselafc
Striker Persela Lamongan Alex dos Santos Goncalves di Liga 1 2019. Foto: Instagram@perselafc Copyright: Instagram@perselafc
Striker Persela Lamongan, Alex dos Santos Goncalves.

Striker Persela Lamongan, Alex dos Santos Goncalves, mengaku masih menunggu tawaran terbaik mengenai masa depannya di Liga 1 2020 mendatang.

"Tapi saya masih menunggu kejelasan dari semua tawaran itu. Saya memilih yang terbaik," ucap Alex saat menemani Rafinha dalam interview dengan INDOSPORT, Jumat (27/12/19).

6. Persita Tangerang

© Grafis:Ynt/Indosport.com
Logo Persita Tangerang. Copyright: Grafis:Ynt/Indosport.com
Logo Persita Tangerang.

Lalu Persita Tangerang saat ini tengah diromorkan akan mendatangkan bek asal Kyrgyzstan, Tamirlan Kozubaev, berdasarkan rumor yang dihebuskan akun Twitter @indostransfer.

"Klub promosi Liga 1 2020, Persita dikabarkan bakal mendatangkan Bek berpaspor Asia asal Asia Tengah. Nama eks Bek PKNS FC dan punggawa Timnas Kyrgyzstan, Tamirlan Kozubaev (25) muncul ke permukaan," tulis akun tersebut.

7. Persipura Jayapura

© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Pemain Persipura Jayapura Oh In-Kyun ketika memegang bola saat melawan PSM Makassar di Piala Presiden 2019, Minggu (10/03/19). Copyright: Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Pemain Persipura Jayapura Oh In-kyun.

Gelandang Persipura Jayapura asal Korea Selatan, Oh In-kyun, memilih pulang ke kampung halamannya Korea Selatan saat kontraknya masih dipertimbangkan.

"Tidak enak dengan rekan-rekan kalau saya harus berbicara soal masa depan sejak kini, saya sekarang lagi di Korea dan masih menikmati liburan dulu," ujar Oh In-kyun kepada INDOSPORT, Kamis (26/12/19).

8. Borneo FC

© Media Borneo FC
Presiden Borneo FC Nabil Husein. Copyright: Media Borneo FC
Presiden Borneo FC, Nabil Husein.

Presiden Borneo FC, Nabil Husein, memastikan jika sang pelatih, Mario Gome,z tak lagi menangani tim pada Liga 1 2020. Kedua belah pihak tak bisa melanjutkan kerja sama dan pelatih asal Argentina itu sudah pamit.