Bursa Transfer

Dirumorkan ke Manchester United, Erling Haaland Resmi Gabung Borussia Dortmund

Minggu, 29 Desember 2019 22:27 WIB
Editor: Juni Adi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Teka-teki masa depan Erling Braut Haaland akhirnya terjawab sudah. Striker milik RB Salzburg itu resmi bergabung dengan raksasa Bundesliga Jerman, Borussia Dortmund.

Kepastian itu diumumkan oleh Dortmund melalui laman resmi Instagram mereka, @bvb09. "Selamat datang di Borussia Dortmund," demikian tulis keterangannya.

Erling Haaland diboyong ke Signal Iduna Park dengan biaya transfer pemain sebesar 18 juta euro (Rp280 miliar), dan akan diikat kontrak selama lima tahun, dengan bayaran gaji sebesar Rp2,3 miliar per pekan.

Disisi lain, kabar bergabungnya Erling Haaland ke Dortmund ini tentu membuat sejumlah klub besar Eropa lain patah hati. Pasalnya, pemain berusia 19 tahun itu tengah diincar banyak tim seperti Manchester United, Juventus hingga AC Milan.

Ketajaman yang dimiliki Haaland, jadi salah satu faktor utama kenapa ia begitu diminati banyak klub. Bersama RB Salzburg musim ini di Liga Champions, Haaland mampu mencetak 8 gol.

Torehannya itu membuat Haaland masuk dalam jajaran daftar top skor sementara, menempati urutan kedua. Terpaut dua gol dari Robert Lewandowski di posisi pertama.

Namun sayang, ketajamannya belum mampu membawa mantan klubnya, RB Salzburg lolos ke babak 16 besar, karena hanya bisa mengakhiri babak penyisihan grup E Liga Champions di urutan ke-3 dengan 7 poin.

Statistik apik yang dibuat Erling Haaland di Liga Champions itu, akan menjadi sebuah angin segar untuk Dortmund, yang saat ini hanya mengandalkan satu striker yaitu Paco Alcacer. 

Kondisi fisik yang rentan cedera, membuat tim besutan Lucien Favre langsung bergerak cepat, untuk mendatangkan striker tajam baru di bursa transfer musim dingin Januari 2020 ini. 

Tak hanya itu, masuknya Erling Haaland juga bakal menjadi tenaga tambahan Borussia Dortmund, untuk mengejar defisit poin dengan RB Leipzig dalam mengejar perburuan gelar Bundesliga, dan juga menatap babak 16 besar Liga Champions melawan Paris Saint-Germain pada 19 Februari 2020 mendatang.