Liga Champions

Jangan Kaget Mourinho Bisa Bawa Tottenham Hotspur Juara Liga Champions

Sabtu, 28 Desember 2019 07:59 WIB
Editor: Coro Mountana
© Andrew Matthews/PA Images via Getty Images
Jangan Kaget Mourinho Bisa Bawa Tottenham Hotspur Juara Liga Champions. Copyright: © Andrew Matthews/PA Images via Getty Images
Jangan Kaget Mourinho Bisa Bawa Tottenham Hotspur Juara Liga Champions.

INDOSPORT.COM – Jose Mourinho dengan segala kekurangannya memiliki peluang untuk membawa Tottenham Hotspur untuk juara Liga Champions musim ini.

Sejak kegagalannya di Manchester United pada pertengahan musim lalu, nama Jose Mourinho mendadak menjadi sangat buruk. Jose Mourinho yang dulu dikenal sebagai pelatih jaminan trofi mulai diragukan kemampuannya.

Setelah hampir setahun ‘bertapa’, Jose Mourinho kini kembali lagi dengan membesut Tottenham Hotspur. Meski Tottenham Hotspur juga masih belum stabil, tetapi Mourinho memiliki kapasitas untuk membawa Spurs tampil mengejutkan di Liga Champions.

Jadi jangan kaget kalau Mounrinho bisa membawa Tottenham Hotspur juara Liga Champions musim ini.

Mourinho Ahli dalam Kompetisi Berformat Turnamen

Perlu dicatat kalau Jose Mourinho adalah pelatih bertangan dingin yang sudah memenangkan 2 trofi Liga Champions. Torehan gelar itu bahkan hanya bisa dikalahkan oleh Zinedine Zidane dan Carlo Ancelotti yang masih aktif melatih sampai saat ini.

Alasan mengapa Mourinho dapat menjadi raja di Eropa sebanyak dua kali karena memang ia sangat ahli dalam kompetisi berformat turnamen. Mourinho adalah tipe pelatih yang bisa membuat timnya bermain bertahan ataupun menyerang tergantung lawan dan kualitas skuatnya.

Tak hanya kaya akan strategi (meski lebih sering main parkir bus), Mourinho juga jago dalam memotivasi pemain sehingga seorang bintang seperti Samuel Eto’o pun respek dan mau jadi bek sayap di Inter Milan.

©
Caption Copyright: Samuel Eto'o saat bermain di klub Liga Inggris, Chelsea.

Salah momen paling bersejarah yang begitu ikonik adalah ketika Mourinho membawa Inter Milan mengalahkan Barcelona di Liga Champions 2009/2010. Padahal ketika itu Barcelona sedang memiliki tim terbaik di Eropa dengan adanya Zlatan Ibrahimovic dan Lionel Messi.

Tapi Mourinho dengan kecerdasan taktiknya sanggup menyingkirkan Barcelona dalam dua leg semifinal Liga Champions. Di leg pertama, Mourinho memilih taktik untuk ‘memenjarakan’ Messi sedangkan pada leg kedua ia memperkenalkan cara parkir bis yang baik dan benar.

Tidak perlu bermain bagus yang penting menang adalah filosofi Mourinho. Melihat pengalamannya itu, Mourinho jelas mempunyai peluang untuk membawa Tottenham Hotspur berbicara banyak di Liga Champions termasuk jadi juara.

Nagelsmann Kalah Pengalaman dengan Mourinho

© Getty Images
Julian Nagelsmann pelatih sepakbola klub Jerman, TSG 1899 Hoffenheim. Copyright: Getty ImagesJulian Nagelsmann, pelatih klub Bundesliga Jerman, RB Leipzig.

Perngalaman jugalah yang akan menolong Mourinho jelang Tottenham Hotspur melawan RB Leipzig di 16 besar Liga Champions. Tak ada yang bisa memungkiri kalau Julian Nagelsmann merupakan salah satu pelatih muda paling berbakat di Eropa.

Baru berusia 32 tahun (lebih muda dari Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo), tapi sudah bisa membawa sebuah tim lolos ke 16 besar Liga Champions menjadi bukti kehebatannya. Apalagi Nagelsmann juga dikenal sebagai pelatih kaya taktik yang mempunyai banyak cara untuk menang.

Sepintas Nagelsmann terlihat seperti penerus Mourinho kala masih muda membawa Porto juara Liga Champions belasan tahun yang lalu. Masih muda tapi punya potensi untuk jadi pelatih sukses membuat Nagelsmann sering dijuluki baby Mourinho.

Akan tetapi jelas Mourinho memiliki pengalaman jauh di atas Nagelsmann dan itu akan menjadi pembeda dalam duel Tottenham vs Leipzig. Jika Nagelsmann mampu dikalahkan, maka tinggal 3 langkah lagi bagi Mourinho untuk membawa Tottenham Hotspur juara Liga Champions.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%