In-depth

Kutukan Klub Brasil yang Bisa Bikin Liverpool Menangis di Piala Dunia Antarklub 2019

Jumat, 20 Desember 2019 18:04 WIB
Editor: Coro Mountana
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Liverpool sepatutnya patut waspada jelang pertemuannya dengan Flamengo karena kutukan klub Brasil bisa membuat The Reds menangis di Piala Dunia Antarklub 2019.

Usai mengalahkan Monterrey, Liverpool kini dihadapkan pada pertandingan penting melawan Flamengo di final Piala Dunia Antarklub 2019. Laga yang akan dilangsungkan di Stadion Internasional Khalifa, Doha, Qatar pada Minggu (22/12/19) dini hari WIB itu diyakini akan seru.

Pasalnya hasrat Liverpool untuk memenangi Piala Dunia Antarklub 2019 begitu besar sampai-sampai mereka mengorbankan Piala Liga Inggris dengan menurunkan tim mudanya. Oleh karena itu pada final nanti, Liverpool pasti akan habis-habisan untuk memenangi gelar itu.

Namun Liverpool wajib waspada karena kutukan klub Brasil sangatlah berbahaya dan bisa membuat The Reds menangis karena dapat pulang dengan tangan hampa dari Piala Dunia Antarklub.

Liverpool Pernah Kalah dari Flamengo

Liverpool ternyata secara mengejutkan pernah kalah dari Flamengo dalam ajang Piala Interkontinental pada tahun 1981. Ajang Piala Interkontinental sendiri merupakan cikal bakal dari Piala Dunia Antarklub yang kita kenal sekarang.

Liverpool yang saat itu baru menjuarai Liga Champions menantang Flamengo untuk memperebutkan trofi Piala Interkontinental. Diperkuat sejumlah bintang seperti Alan Hansen, Graeme Souness, hingga Kenny Dalglish, Liverpool kalah 0-3 dari Flamengo.

Padahal Liverpool saat itu dilatih oleh pelatih legendarisnya, Bob Paisley, tapi apa daya klub Brasil itu sukses membuat The Reds kalah telak. Usut punya usut ternyata kekalahan itu menjadi cikal bakal kutukan klub Brasil untuk Liverpool.

Dalam Sejarahnya Liverpool Selalu Kalah dari Tim Brasil

Pada tahun 2005, di ajang yang sudah bernama Piala Dunia Antarklub, Liverpool ternyata kembali harus kalah lagi dari klub Brasil. Namun kali ini bukan Flamengo, melainkan Sao Paulo yang menjadi tim Brasil penakluk Liverpool.

Penampilan gemilang kiper Rogerio Ceni pada pertandingan itu sangat ikonik karena sanggup mematahkan semua serangan Liverpool. Mulai dari tendangan bebas Steven Gerrard hingga peluang Fernando Torres, semua mentah oleh Rogerio Ceni.

© hbtvghana.com
Rogerio Ceni selebrasi perayaan mencetak gol Copyright: hbtvghana.comRogerio Ceni.

Sao Paulo saat itu sukses mengalahkan Liverpool dengan skor tipis 1-0. Dengan kekalahan dari Flamengo dan Sao Paulo, membuat rekor Liverpool selalu kalah jika harus bertemu dengan tim-tim asal Brasil.

Liverpool Tidak Pernah Juara di Piala Dunia Antarklub Ataupun Piala Interkontinental

Rekor buruk atau kutukan itupun membuat Liverpool tidak pernah menjadi juara Piala Dunia Antarklub ataupun Piala Interkontinental. Liverpool tercatat menjadi juara Liga Champions sebanyak 5 kali (tanpa menghitung edisi lalu).

Dengan kata lain, Liverpool punya kesempatan untuk memenangi kompetisi tingkat dunia antarklub itu sebanyak 5 kali. Dua kali Liverpool absen karena menolak untuk tampil, sekali kalah dari Independiente (Argentina), serta dua kali kalah dari tim Brasil (Sao Paulo dan Flamengo).

Kini dengan kesempatan yang keenam kalinya Liverpool tampil di Piala Dunia Antarklub, mampukah tahun Ini The Reds menghapus kutukan dari klub asal Brasil?