Bursa Transfer

Rumor Transfer Liga 1: Persija Gaet Bek Timnas, Persebaya Gantung Dutra

Senin, 30 Desember 2019 15:41 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Rumor transfer usai Liga 1 2019 berakhir menampilkan Persija Jakarta yang sukses menggaet bek Timnas Indonesia Alfat Fathier dan Persebaya masih gantung Otavio Dutra. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Rumor transfer usai Liga 1 2019 berakhir menampilkan Persija Jakarta yang sukses menggaet bek Timnas Indonesia Alfat Fathier dan Persebaya masih gantung Otavio Dutra.

INDOSPORT.COM - Rumor transfer usai Liga 1 2019 berakhir menampilkan Persija Jakarta yang sukses menggaet bek Timnas Indonesia Alfat Fathier dan Persebaya masih gantung Otavio Dutra.

Sekarang ini rumor perpindahan pemain sudah banyak yang berhembus. Sederet pemain kerap dikaitkan akan berlabuh ke klub baru ataupun bertahan.

Beberapa klub Liga 1 juga sudah berani mengumumkan pemain baru mereka dan siapa saja yang dilepas. Mereka tak ingin ditikung oleh peserta lain.

Banyak kontrak pemain yang berkiprah di Indoensia akan habis pada akhir Desember 2019. Tak jarang, ada pula yang baru berakhir pada Januari atau Februari tahun depan.

Perpindahan pemain antarklub di seluruh dunia cukup wajar. Sebab, mereka bisa saja ingin mencari tantangan baru atau bertahan untuk memberikan kontribusi di musim depan.

Maka dari itu redaksi INDOSPORT coba merangkum deretan rumor bursa transfer Liga 1 yang bergulir cukup panas pada hari ini, Senin (30/12/19).

1. Persija Jakarta

© Twitter/@MaduraUnitedFC
Feri Pahabol (kiri) membayangi Alfath Fathier (kanan) pada laga Madura United vs Kalteng Putra di Liga 1 2019, Minggu (01/09/19). Copyright: Twitter/@MaduraUnitedFCFeri Pahabol (kiri) membayangi Alfath Fathier (kanan) pada laga Madura United vs Kalteng Putra di Liga 1 2019, Minggu (01/09/19).

Persija Jakarta resmi memperkenalkan pemain baru mereka, yakni bek Timnas Indonesia dan Madura United Alfath Fathier, Minggu (29/12/19) malam WIB.

Banyak yang memprediksi kalau Alfath akan menjadi penerus dari bek sayap kanan sekaligus legenda hidup Persija Ismed Sofyan, yang sudah termakan usia.

"Kami berharap dia (Fathier) dapat memberikan kemampuan terbaik,” ujar Presiden Persija, Ferry Paulus mengutip laman resmi klub.

Selain itu, Persija juga melepas tiga pemain lain, yakni bek asal Brasil Xandao, gelandang kelahiran Spanyol Joan Tomas, dan striker asli Aceh Farri Agri.

2. Bali United

© baliutd.com
Bali United memperpanjang kontrak kiper Wawan Hendradan dan gelandang Fadil Sausu (kapten). Copyright: baliutd.comBali United memperpanjang kontrak kiper Wawan Hendradan dan gelandang Fadil Sausu (kapten).

Bali United juga tak mau kalah dengan mengumumkan dua pemain mereka, yakni kiper Wawan Hendrawan dan gelandang serta kapten Fadil Sausu diperpanjang.

Menurut Chief Executive Officer (CEO) Bali United Yabes Tanuri kalau kontribusi Wawan dan Fadil dalam beberapa tahun terakhir menjadi alasan perpanjangan kontrak.

"Selain itu, mereka juga masih masuk dalam rencana tim pelatih di kompetisi tahun 2020 nanti," ujar Yabes dinukil laman resmi klub, Senin (30/12/19).

Lalu, masa depan Aldino Herdianto bersama Bali United juga masih abu-abu. Bahkan sang pemain masih menunggu keputusan final dari manajemen.

"Belum ada. Katanya tanggal 31 (Desember 2019) nanti dikabarin mereka (Bali United)," kata Aldino kepada INDOSPORT, Minggu (29/12/19).

3. Evan Dimas

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Evan Dimas tengah mengeksekusi bola ke arah gawang Vanuatu di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu (15/06/19). Foto Herry Ibrahim Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTEvan Dimas tengah mengeksekusi bola ke arah gawang Vanuatu di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu (15/06/19). Foto Herry Ibrahim

Mantan gelandang Barito Putera Evan Dimas Darmono saat ini santer dikabarkan tengah dibidik sejumlah klub Liga 1 dan tim-tim luar negeri.

Teka-teki yang beredar panas di media sosial kalau Evan Dimas bakal berlabuh ke Persebaya. Klub tersebut yang membesarkan nama Evan Dimas.

"Paling tidak satu bulan atau dua minggu. Saya kembali lagi ke sepak bola dan memastikan main di mana," kata Evan, Minggu (29/12/19).

4. PSS Sleman

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih PSS Seto Nurdiyantoro dalam jumpa pers jelang laga melawan Persija. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTPelatih PSS Seto Nurdiyantoro dalam jumpa pers jelang laga melawan Persija.

Kepala pelatih PSS Sleman Seto Nurdiyantoro membeberkan dua pemain asing yang menjadi incarannya, yakni Aaron Evans dan Kei Hirose.

Akan tetapi PSS belum mengajukan tawaran ke Aaron Evans dan Kei Hirose. Namun Seto sudah dapat gambaran bermain jika keduanya didatangkan.

"Saya sudah punya gambaran jika di lini tengah ada Batata dan Kei. Mereka bisa berbagi tugas dan Kei memang sesuai dengan kriteria yang saya inginkan," ujar Seto, Senin (30/12/19).

5. Persebaya Surabaya

© Fitra Herdian/Indosport
Bek tengah Persebaya Surabaya, Otavio Dutra ikut latihan di Lapangan Polda Jatim Copyright: Fitra Herdian/IndosportBek tengah Persebaya Surabaya, Otavio Dutra ikut latihan di Lapangan Polda Jatim

Kontrak bek naturalisasi Otavio Dutra kabarnya masih digantung oleh Persebaya Surabaya. Diketahui masa bakti Dutra akan berakhir 31 Desember 2019.

"Persebaya tidak pernah menawarkan kontrak baru ke Dutra," kata agen Dutra, Antonio Teles, Minggu (29/12/19).

Lalu bek sayap Persebaya Novan Setyo Sasongko juga masih santai dalam menanggapi kontraknya yang akan berkesudahan pada akhir Desember 2019 ini.

"Sambil mengalir saja. Sampai sekarang saya belum ada (tawaran kontrak baru)," kata Novan, Minggu (29/12/19).