Liga Indonesia

3 Stadion Alternatif Bagi Persebaya Usai Terusir dari Gelora Bung Tomo

Selasa, 31 Desember 2019 10:53 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Rafif Rahedian
© shutterstock.com/wikipidea.com
Berikut ada 3 stadion alternatif bagi Persebaya Surabaya usai terusir dari Gelora Bung Karno (GBT) jelang Liga 1 2020 berjalan. Copyright: © shutterstock.com/wikipidea.com
Berikut ada 3 stadion alternatif bagi Persebaya Surabaya usai terusir dari Gelora Bung Karno (GBT) jelang Liga 1 2020 berjalan.

INDOSPORT.COM - Berikut ada 3 stadion alternatif bagi Persebaya Surabaya usai terusir dari Gelora Bung Karno (GBT) jelang Liga 1 2020 berjalan.

Selain GBT, Persebaya juga tak bisa menggunakan Stadion Gelora 10 November. Hal itu disampaikan langsung oleh Kabid Sarpras Surabaya Edi Santoso.

"Sudah diputuskan tidak bisa digelar untuk kompetisi di Stadion 10 November," kata Edi kepada INDOSPORT, Senin (30/12/19).

Pasalnya dua stadion tersebut bakal direnovasi secara keseluruhan untuk menyambut pagelaran Piala Dunia U-20 2021 mendatang di Indonesia.

Dirinya menambahkan kalau Lapangan Karanggayam juga tak bisa digunakan. Maka dari itu Persebaya dipersilakan untuk menggunakan stadion alternatif lain.

© Fitra Herdian Ariestianto/INDOSPORT
Papan Skor Digital sudah terpasang di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Kamis (21/11/19). Copyright: Fitra Herdian Ariestianto/INDOSPORTPapan Skor Digital sudah terpasang di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Kamis (21/11/19).

Meski begitu manajemen Persebaya masih berharap untuk bisa bermain di Stadion Gelora Bung Tomo untuk ajang Liga 1 dan ASEAN Club Championship 2020.

Akan tetapi bila tak bisa digunakan maka manajemen Persebaya tampaknya harus dengan cepat mencari stadion alternatif lain.

1. Stadion Gelora Delta

© Fitra Herdian/INDOSPORT
Suporter Bhayangkara FC tampak sepi di Stadion Gelora Delta. Copyright: Fitra Herdian/INDOSPORTSuporter Bhayangkara FC tampak sepi di Stadion Gelora Delta.

Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Jawa Timur tampaknya bisa menjadi salah satu alternatif tersendiri bagi Persebaya usai terusir dari GBT.

Stadion Gelora Delta memiliki kapasitas 35 ribu kursi penonton dan dibuka sejak 2000 silam. Bahkan pada musim lalu sempat dipakai Persipura sebagai kandang.

Stadion ini juga telah menggelar banyak sekali turnamen sepak bola baik nasional maupun internasional. Terlebih masih dekat dengan Surabaya.

Beberapa event penting yang digelar di stadion ini adalah PON 2000, Piala Indonesia 2006 dan 2007, Divisi Utama 2007, Piala AFF U-19 2013, Divisi Utama 2014, Piala AFF U-18 2018, dan Piala AFF U-16 2018.

2. Stadion Batakan

© Indosport/Teddy Rumengan
Pembangunan Stadion Batakan tertunda karena kendala anggaran. Copyright: Indosport/Teddy RumenganPembangunan Stadion Batakan tertunda karena kendala anggaran.

Kemudian Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur bisa menjadi kandang untuk Persebaya untuk mengarungi Liga 1 dan ASEAN Club Championship 2020.

Terlebih Stadion Batakan sudah pernah dipakai dalam beberapa pertandingan Persebaya pada musim 2019. Sehingga Bajul Ijo sudah cukup akrab dengan venue ini.

Selain itu, Stadion Batakan memiliki kemewahan dan kemegahan tersendiri. Pasalnya venue dengan kapasitas 36 ribu penonton ini direnovasi sesuai standar FIFA.

3. Stadion Sultan Agung

© tribunnews
Salahsatu sudut di pinggir lapangan Stadion Sultan Agung, Blitar. Copyright: tribunnewsSalahsatu sudut di pinggir lapangan Stadion Sultan Agung, Blitar.

Terakhir ada Stadion Sultan Agung, Bantul, Yogyakarta yang kemungkinan bisa dipakai oleh Persebaya dalam mengarungi ketatnya musim depan.

Stadion Sultan Agung kerap menjadi venue alternatif bagi para peserta Liga 1, khususnya yang berada di Pulau Jawa. Karena tempatnya yang berada di tengah-tengah.

Maka tak ada salahnya bagi manajemen Persebaya untuk memasukan venue ini sebagai kandang mereka musim depan. Stadion ini juga berkapasitas hingga 35 ribu penonton.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
100%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%