Bola Internasional

China Umumkan 8 Kota Tuan Rumah Piala Dunia Antarklub dengan Format Baru

Selasa, 31 Desember 2019 06:54 WIB
Editor: Juni Adi
© INDOSPORT
Sebanyak delapan kota di China telah ditetapkan oleh federasi sepak bola dunia FIFA, sebagai tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia Antarklub dengan format baru pada 2021. Copyright: © INDOSPORT
Sebanyak delapan kota di China telah ditetapkan oleh federasi sepak bola dunia FIFA, sebagai tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia Antarklub dengan format baru pada 2021.

INDOSPORT.COM - Sebanyak delapan kota di China telah ditetapkan oleh federasi sepak bola dunia FIFA, sebagai tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia Antarklub dengan format baru, yang akan digelar pada 2021.

Adapun kedelapan kota tersebut yang telah diajukan oleh federasi sepak bola China (CFA) dan disetujui adalah, Shanghai, Tianjin, Guangzhou, Wuhan, Shenyang, Jinnan, Hangzhou, dan Dalian.

Kehadiran turnamen Piala Dunia Antarklub ini diharapkan, bisa mendorong reformasi persepakbolaan dan meningkatkan populasi sepak bola di China.

"Ini penyelenggaraan sepak bola dan olahraga terbesar di China. CFA bekerja sama dengan FIFA dan beberapa kota untuk mempersembahkan event yang sangat luar biasa," demikian keterangan CFA melalui juru bicaranya.

Sementara itu perubahan format dalam Piala Dunia Antarklub sendiri adalah, ajang ini akan menjadi turnamen yang digelar empat tahun sekali, dengan peserta sebanyak 24 klub dari enam federasi benua.

Mereka adalah UEFA (Eropa), Conmebol (Amerika Selatan), AFC (Asia), CAF (Afrika), Concacaf (Amerika Utara, Tengah, Karibia), dan OFC (Oceania).

UEFA dan Conmebol jadi dua federasi yang diberi jatah mengirim wakil paling banyak. Masing-masing delapan klub untuk UEFA dan enam klub untuk Conmebol. Sementara sisanya, dibagi-bagi dengan empat federasi lain.

Pemilihan China sebagai tuan rumah Piala Dunia Antarklub 2021 sendiri, telah diumumkan oleh FIFA pada Oktober 2019 lalu. Selain ajang ini, Negeri Tirai Bambu juga berkesempatan menjadi tuan rumah turnamen Piala Asia 2023 mendatang.