Liga Indonesia

Latih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Mulai Pahami Ibadah Puasa Ramadhan

Selasa, 31 Desember 2019 15:35 WIB
Penulis: Elizabeth Ayudya Ratna Rininta | Editor: Indra Citra Sena
© Roihan Susilo Utomo/INDOSPORT
Shin Tae-yong resmi diperkenalkan sebagai pelatih timnas Indonesia di Stadion Pakansari. Copyright: © Roihan Susilo Utomo/INDOSPORT
Shin Tae-yong resmi diperkenalkan sebagai pelatih timnas Indonesia di Stadion Pakansari.

INDOSPORT.COM - Segera melatih timnas, Shin Tae-yong mulai mempelajari kultur Indonesia, termasuk puasa Ramadhan. 

PSSI akhirnya memperkenalkan Shin Tae-yong sebagai pelatih timnas Indonesia di Stadion Pakansari, Kab. Bogor, Sabtu (28/12/19). Dia menyepakati kontrak empat tahun di semua kelompok usia.

Dinukil dari media Korea Selatan Donga, Shin Tae-yong diam-diam sudah mempelajari tentang budaya Indonesia, termasuk ibadah puasa Ramadhan. Ia memastikan akan menghormati budaya yang ada dan berusaha memperhatikan kondisi setiap pemain.

"Itu (puasa) adalah salah satu hal besar yang harus saya mengerti. Saya akan menghormati budaya mereka dan memastikan bahwa atlet sehat dan selalu mendapat asupan bergizi di bulan Ramadhan," tutur Shin Tae-yong.

Selain itu, Shin mengaku akan mendatangkan guru privat beberapa kali di setiap minggunya demi belajar Bahasa Indonesia.

"Saya memang akan memiliki seorang penerjemah, tetapi saya tetap berusaha menguasai Bahasa Indonesia. Saya berencana memanggil guru privat beberapa kali dalam seminggu supaya cepat lancar," cetus eks pelatih Korea Selatan tersebut.

Shin Tae-yong dikabarkan memulai pekerjaannya pada 6 Januari 2020. Indra Sjafri disebut-sebut akan membantu tugasnya alam membentuk struktur timnas Indonesia senior dan juga level usia muda, yakni U-23 dan U-19.