Liga Inggris

Selamat Ulang Tahun Sir Alex Ferguson, Sosok 'Ibu Peri' di Liga Inggris

Selasa, 31 Desember 2019 22:53 WIB
Penulis: Elizabeth Ayudya Ratna Rininta | Editor: Abdurrahman Ranala
© Daily Mail
Sir Alex Ferguson. Copyright: © Daily Mail
Sir Alex Ferguson.

INDOSPORT.COM - Sir Alex Ferguson merayakan ulang tahunnya yang ke-78, Selasa (31/12/19). Dirinya adalah sosok pelatih yang akan dikenang sepanjang masa karena jasanya membuat perubahan di Manchester United.

Pria asal Skotlandia itu berhasil menghentikan dominasi Liverpool di Liga Inggris. Ketika Fergie datang ke Manchester United pada 1986, Liverpool berstatus sebagai klub tersukses di Tanah Inggris dengan koleksi 16 gelar.

Sementara itu, Manchester United baru meraih tujuh gelar Liga Inggris di saat yang bersamaan. Namun, sejak kedatangan Ferguson, klub yang bermarkas di Old Trafford itu langsung mengalami peningkatan.

Bagaikan ibu peri yang menyelamatkan Cinderella, pada kurun 1992-1993 hingga 2012-2013, Man United yang ditangani Fergie meraup 13 trofi Liga Inggris. Sementara, pada periode tersebut Liverpool gagal memenangi liga utama di Inggris itu.

Total, Alex Ferguson menukangi Man United selama 27 tahun (1986-2013). Ia mempersembahkan 13 gelar Premier League, 10 trofi Community Shield, 5 gelar Piala FA, 4 Piala Liga Inggris, 2 trofi Liga Champions, 1 titel Piala Dunia Antarklub dan satu gelar Piala Super Eropa. Ia juga meraih penghargaan pelatih klub terbaik dunia sebanyak dua kali.

Ferguson juga berhasil mengorbitkan beberapa nama pemain sepak bola terkenal seperti Eric Cantona, Roy Keane, David Beckham, Ryan Giggs, dan Cristiano Ronaldo.

Tak heran jika dirinya mendapat gelar kehormatan 'Sir' dari Kerajaan Inggris. 

Di ulang tahunnya kali ini, Alex Ferguson juga menjadi trending topik di jagat Twitter. Aneka ucapan dan doa pun mengiringi pertambahan usianya, termasuk dari Manchester United.