Liga Indonesia

Apa Kabar Martin Vunk? Eks Timnas Estonia yang Gagal di Persija Jakarta

Rabu, 1 Januari 2020 17:53 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Herry Ibrahim/Indosport
Martin Vunk sempat memberikan harapan besar buat Persija Jakarta dengan rekam jejaknya sebagai pemain Timnas Estonia. Setelah gagal, apa kabar dirinya sekarang? Copyright: © Herry Ibrahim/Indosport
Martin Vunk sempat memberikan harapan besar buat Persija Jakarta dengan rekam jejaknya sebagai pemain Timnas Estonia. Setelah gagal, apa kabar dirinya sekarang?

INDOSPORT.COM - Martin Vunk sempat memberikan harapan besar buat Persija Jakarta dengan rekam jejaknya sebagai pemain Timnas Estonia. Setelah akhirnya gagal, apa kabar dirinya sekarang?

Menjelang gelaran Liga Indonesia 2015, Manajemen Persija Jakarta mencoba membangun timnya dengan mendatangkan pemain-pemain yang memliki rekam jejak mentereng di Eropa.

Salah satunya Martin Vunk, pemain tengah yang berlabel Timnas Estonia dan juga sempat bermain di kompetisi Europa League 2014/15.

Namun alih-alih memberikan prestasi bersama Persija Jakarta, Martin Vunk justru harus mengalami kenyataan tak mengenakan, tak bisa melanjutkan kompetisi yang dihentikaan saat baru memasuki pekan ke-3. Dirinya pun sempat mengalami cedera punggung saat laga pra musim. 

Martin Vunk yang bergabung dengan Persija Jakarta pada periode Desmber hingga Februari pun sempat mengalami masalah gaji. Yang tak dibayarkan oleh Manajemen Persija Jakarta kala itu.

Apa Kabar Martin Vunk?

Dihentikannya kompetisi Liga Indonesia 2015, membuat  Martin Vunk kembali negaranya, Estonia. Disana dirinya memulai karier dari bawah lagi, dengan bergabung dengan klub papan bawah Parnu Linnameeskond.

Di Parnu Linnameeskond, Vunk menjadi pemain yang cukup diandalkan. Masuk pada paruh musim, Vunk mencatatkan 15 caps di Liga, atau hanya absen empat pertandingan. Dnegan torehan tiga gol dan asist.

Musim selanjutnya Vunk keblai dipertahankan Parnu Linnameeskond. Pernanya pun makin sentral. Dimana 27 pertandingan berhasil dijalaninya. MEski jumlah golnya menurun hanya menjadi dua, dengan tambahan dua asist.

Dua musim memperkuat Parnu Linnameeskond, Vunk akhirnya hijrah ke klub Estonia lainnya,  Parnu JK Vaprus pada musim 2017. Bersama Parnu JK Vaprus , penampilan Vunk mulai sedikit menurun. Terlihat dari kesempatan bermainnya yang hanya 10 kali sepanjang musim.

Vunk pun gagal menghindarkan Parnu JK Vaprus  dari degradasi. Setelah hanya berada di posisi dua dari bawah, klasemen Liga Utama Estonia.

Menariknya, selepas kegagalan tersebut, Martin Vunk memilih rehat dari dunia sepak bola. Meski juga belum gantung sepatu. TErbukti di musim 2019, Vunk akhirnya kembali ke Parnu JK Vaprus.

Sayangnya dikesempatan keduannya bersama Parnu JK Vaprus, eks Persija Jakarta itu justru mendapatkan kesempatan lebih sedikit tampil. Vunk hanya tig akali main, kendati timnya bisa berada di peringkat tiga klasemen Liga Estonia.