Liga Indonesia

Ingin Klub Liga 1 Lebih Maju, Eks Pelatih Arema FC Berikan Nasihat Penting

Rabu, 1 Januari 2020 19:34 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Herry Ibrahim
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Milomir Seslija menyatakan keinginannya melihat kompetisi Liga 1 lebih maju, dengan turut memberikan dua poin penting sebagai saran. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Milomir Seslija menyatakan keinginannya melihat kompetisi Liga 1 lebih maju, dengan turut memberikan dua poin penting sebagai saran.

INDOSPORT.COM - Milomir Seslija menyatakan keinginannya melihat kompetisi Liga 1 Indonesia lebih maju, dengan turut memberikan dua poin penting sebagai saran untuk klub-klub agar lebih berprestasi di masa depan.

Dua poin itu tak lepas dari apa yang dia rasakan sebagai pengalaman membesut klub-klub di Indonesia. Dua hal yang dianggap sangat penting, untuk menunjang kinerja pelatih demi mencapai prestasi yang diinginkan.

"Yang pertama, adalah soal kewenangan. Dan yang kedua, adalah soal budget (anggaran belanja pemain)," kata Milomir Seslija.

Dia lalu mencontohkan bagaimana perjalanan saat menangani tim Singo Edan. Meski pengalamannya cukup bagus, namun dua poin penting itu yang tidak dirasakannya sepanjang Liga 1 musim lalu.

"Dua kali melatih Arema, saya merasakan hal yang berbeda," papar pelatih kebangsaan Bosnia berusia 55 tahun tersebut.

"Di tahun 2016 lalu, saya punya wewenang untuk mendatangkan pemain dan ikut berdiskusi soal budget. Sedangkan tahun lalu, tidak bisa," bilang dia.

Faktor itu lah yang dirasa cukup berpengaruh atas jomplangnya prestasi Arema FC. Namun, dia merasakan fenomena itu terjadi hampir di semua klub Liga 1.

"Karena jika mengetahui budget, Anda akan bisa memperkirakan prestasi yang bisa dicapai secara realistis," ungkap Milomir.

Pada periode keduanya menangani Arema FC, Milomir gagal mencapai target untuk finish di tiga besar Liga 1. Namun, setidaknya dia bangga dengan trofi juara di Piala Presiden saat masa pra musim kompetisi.