Liga Indonesia

Shin Tae-yong Jadi Pelatih Timnas Indonesia, Eks Asisten Simon Mcmenemy Buka Suara

Rabu, 1 Januari 2020 13:47 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Lanjar Wiratri
© Roihan Susilo Utomo/INDOSPORT
Shin Tae-yong resmi diperkenalkan sebagai pelatih Timnas Indonesia. Copyright: © Roihan Susilo Utomo/INDOSPORT
Shin Tae-yong resmi diperkenalkan sebagai pelatih Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM - Mantan Pelatih Arema FC yang yang juga eks Pelatih Timnas indonesia, Joko Susilo, menyebut langkah PSSI dalam perekrutan Shin Tae-Yong sebagai pelatih Timnas Indonesia sebagai langkah yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan yang harus segera dibenahi.

Dua kebutuhan yang dimaksudnya tak lain menyangkut sektor teknis. Dalam kacamatanya, dua lini yang memang harus segara dibenahi oleh Timnas Indonesia adalah dari segi fisik maupun teknik.

"Karakter sepak bola di Korea juga demikian, mengandalkan kekuatan fisik dan ketepatan teknik," papar Joko Susilo saat berbincang dengan awak media di kediamannya di Kota Malang, satu pekan lalu.

"Dan bagi saya, perekrutan dia (Shin Tae-Yong) sudah tepat. Sesuai dengan kebutuhan tim nasional," Asisten Simon McMenemy di Timnas Senior tahun lalu itu menambahkan.

Namun yang paling utama, menurutnya adalah sektor fisik. Dalam segala analisa yang dipaparkan, kelemahan timnas sepanjang dua tahun terakhir selalu mengerucut dalam hal kekuatan fisik yang belum konsisten.

"Tingkat kekuatan fisik di level klub dan tim nasional tentu berbeda. Klub dan timnas punya standar masing-masing," beber eks Pelatih Arema FC tersebut.

"Di level timnas, bagaimana menyiapkan pemain untuk tampil konsisten selama 90 menit, plus masa injury time. Itu saja," tambah dia.

Di masa baktinya, Joko Susilo bersama Simon McMenemy gagal membawa Timnas Indonesia mencapai prestasi yang diinginkan. Yang paling buruk adalah, Stefano Lilipaly dkk menjadi juru kunci klasemen grup B, dengan selalu kalah di 5 laga Babak Kualifikasi Pra Piala Dunia Zona Asia sepanjang 2019 lalu.