Liga Indonesia

Ricky Kambuaya dan Berlanjutnya Tradisi Pemain Papua di Persebaya

Kamis, 2 Januari 2020 18:50 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Grafis: Ynt/Indosport.com
Fakta menarik seputar transfer Ricky Kambuaya ke Persebaya Surabaya, di mana klub Liga 1 tersebut sukses melanjutkan tradisi pemain Papua musim depan. Copyright: © Grafis: Ynt/Indosport.com
Fakta menarik seputar transfer Ricky Kambuaya ke Persebaya Surabaya, di mana klub Liga 1 tersebut sukses melanjutkan tradisi pemain Papua musim depan.

INDOSPORT.COM - Fakta menarik seputar transfer Ricky Kambuaya ke klub Liga 1, Persebaya Surabaya, di mana skuat berjuluk Bajul Ijo tersebut sukses melanjutkan tradisi mendatangkan pemain asal Papua tiap musimnya.

Sebelumnya, tim Persebaya Surabaya resmi mendatangkan tiga pemain anyar sekaligus jelang dimulainya gelaran Liga 1 musim 2020 mendatang.

Melansir dari laman resmi klub, para pemain yang didatangkan Persebaya Surabaya tersebut adalah Arif Satria (pemain bertahan), Bayu Nugroho (gelandang) serta Ricky Kambuaya (gelandang serang).

Datangnya tiga pemain lokal tersebut diharapkan bisa menjaga kedalaman skuad Persebaya musim depan. Sebab, manajemen Bajul Ijo sebelumnya telah melepas sembilan pemain termasuk satu pemain asing dan pemain naturalisasi.

Di balik transfer tiga pemain baru Persebaya hari ini, terdapat satu fakta menarik khususnya perekrutan Ricky Kambuaya dari klub PSS Sleman.

Masuknya Ricky Kambuaya ke skuat Persebaya membuat The Green Force kembali melanjutkan tradisi pembelian pemain asal Papua yang telah mereka lakukan sejak beberapa musim terakhir.

Tercatat sejak 2017 silam atau saat masih bermain di kasta kedua Liga Indonesia, Persebaya memang sangat gemar menggunakan jasa pemain asal Papua.

Saat berlaga di Liga 2 2017 misalnya, Persebaya diperkuat empat pemain berdarah Papua yakni Samuel Reimas (kiper), Nerius Alom (gelandang), Ricky Kayame (striker) dan Fandry Imbiri (bek).

Meski di akhir musim hanya Ricky Kayame dan Fandry Imbiri yang dipertahankan, namun hal tersebut tidak menutup hasrat manajemen Persebaya untuk kembali mendatangkan pemain Papua.

Pada gelaran Liga 1 2018 atau saat mereka sukses promosi ke kasta teratas Liga Indonesia, Persebaya kembali mendatangkan bakat Papua dan kali ini ada lima pemain yang masuk dalam gerbong skuad Bajul Ijo.

Mereka adalah Izaac Wanggai, Ferinando Pahabol, Ruben Sanadi, Nelson Alom dan Osvaldo Haay. Namun, hingga kompetisi Liga 1 2018 berakhir, hanya Nelson Alom, Ruben Sanadi dan Osvaldo Haay yang berhasil bertahan.

Dua nama terakhir bahkan tengah menjadi tumpuan Timnas Indonesia saat ini. Sehingga bisa dikatakan, jika Persebaya berhasil membuat bakat sepak bola Papua bersinar, meski sang pemain tidak tampil di 'rumah' mereka sendiri.

Di musim selanjutnya atau pada Liga 1 2019, Persebaya kembali mendatangkan satu pemain Papua yakni Elisa Basna. Saudara bek Timnas Indonesia, Yanto Basna, ini menjadi pemain Papua kesepuluh yang resmi bergabung ke Persebaya dalam kurun waktu tiga musim terakhir.

Jelang bergulirnya Liga 1 2020, Bajul Ijo telah resmi memboyong Ricky Kambuaya. Penyerang lokal kelahiran Sorong, Papua, yang sekaligus menambah panjang catatan Persebaya dalam merekrut bintang asal Papua.