Liga Indonesia

Terlahir Kembali, Harga Striker Asing Persebaya Langsung Melonjak Drastis

Kamis, 2 Januari 2020 23:03 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Juni Adi
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Bagai Terlahir Kembali, Bomber Asing Persebaya Alami Lonjakan Harga. Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Bagai Terlahir Kembali, Bomber Asing Persebaya Alami Lonjakan Harga.

INDOSPORT.COM - Bagaikan terlahir kembali, salah satu bomber asing milik Persebaya Surabaya ini mengalami lonjakan harga yang cukup drastis jelang Liga 1 2020.

Persebaya Surabaya sendiri memang tampil luar biasa di gelaran Liga 1 musim 2019 kemarin. Sempat terseok-seok di pertengahan paruh kedua, namun jelang akhir musim mereka sukses meraih sembilan laga tanpa kekalahan.

Hasil tersebut membuat Persebaya merangsek naik ke urutan lima besar, bahkan mengakhiri kompetisi dengan finish sebagai runner up dibawah Bali United.

Salah satu kunci sukses Persebaya tampil gemilang musim lalu adalah kehadiran sosok David da Silva, yang sukses menjelma sebagai mesin gol paling mematikan buat Bajul Ijo.

Meski baru didatangkan pada paruh kedua Liga 1, namun pemain kelahiran Brasil tersebut sukses mencetak 14 gol dan memberikan tiga assis dalam 17 laga. Jika dikalkulasikan, artinya David da Silva selalu berkontribusi gol dalam setiap penampilannya bersama Persebaya di Liga 1 musim lalu. 

Penampilan tersebut terbilang cukup mengejutkan, sebab sebelum kembali berseragam Persebaya musim 2019 kemarin, David da Silva sempat mengalami kemunduran performa setelah memilih hijrah ke klub Korea Selatan.

Pada awal Januari 2019 silam, David da Silva menyetujui kontrak bersama Pohang Steelers yang tampil di kasta kedua Liga Korea Selatan. Sayang kariernya di negeri gingseng tidak berjalan mulus, tercatat dalam 9 laga ia hanya bisa mencetak dua gol dan memberikan satu asis.

Buruknya performa David da Silva bersama Pohang Steelers membuat market value penyerang asal Brasil ini alami penurunan, dari sebelumnya sebesar 275 ribu euro menjadi 225 ribu euro pada bulan Agustus 2019.

Namun karier David da Silva tampak terlahir kembali setelah memutuskan kembali ke pangkuan Persebaya. Bergabung pada bulan akhir Agustus, striker berusia 30 tahun tersebut sukses menemukan ketajamannya.

Dengan total 14 gol dan memberikan tiga assis dalam 17 laga bersama Persebaya, market value David da Silva pun melonjak naik bahkan melebihi nilai sebelumnya saat belum bergabung dengan Pohang Steelers.

Melansir dari laman transfermarkt.com, diketahui jika harga David da Silva saat ini berkisar 300 ribu euro atau setara dengan Rp.4,6 miliar. Naik sekitar 75 ribu euro atau sebesar Rp1,1 miliar dari musim lalu.

Fakta tersebut mengungkapkan, jika David da Silva memang cocok bagi Persebaya dan tidak heran manajemen Bajul Ijo langsung mempertahankan sang pemain untuk gelaran Liga 1 musim depan.

Dengan kembali berseragam Persebaya, menarik dinanti kiprah David da Silva selanjutnya. Mampukah ia memberikan trofi juara kepada Bajul Ijo dan membuat market valuenya semakin melambung naik.

Atau malah sebaliknya, sang pemain gagal melanjutkan performa impresifnya musim depan dan harus rela terdepak dari skuad The Green Force.