Bursa Transfer

3 Kerugian Persija Jakarta Datangkan Evan Dimas di Liga 1 2020

Jumat, 3 Januari 2020 14:20 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Rumor transfer yang mengabarkan Evan Dimas bakal merapat ke Persija makin santer jelang Liga 1 2020, jika itu menjadi kenyataan, sejumlah kerugian siap melanda tim berjuluk Macan Kemayoran itu.

Persija memang bergerak cepat untuk melengkapi komposisi skuat mereka untuk mengarungi Liga 1 musim depan. Di mana tahun 2019 tak berjalan cukup baik bagi tim kesayangan Jakmania itu.

Sejauh ini, mereka sudah meresmikan kedatangan Alfath Fathier dan Otavio Dutra untuk memperbaiki sektor lini belakang. Kini nama Evan Dimas santer muncul untuk membenahi lini tengah Persija Jakarta.

Meski belum ada pernyataan resmi dari pihak manajemen Persija, rumor transfer ini makin menguat dengan adanya pernyataan dari CEO Bali United, yang dengan singkat menyebut Evan Dimas sudah ke Persija Jakarta.

Menarik untuk dinanti bagaimana spekulasi masa depan Evan Dimas yang dirumorkan ke Persija Jakarta. Tapi meski masih sebatas rumor transfer, Evan Dimas ke Persija ternyata bukan solusi.

Malah Persija harus siap mengalami sejumlah kerugian jika benar-benar ngotot mendatangkan Evan Dimas. Berikut INDOSPORT sudah merangkum 3 kerugian Persija Jakarta jika datangkan Evan Dimas.

  • Label Pemain Timnas Indonesia

Kerugian yang pertama justru terletak pada label pemain Timnas Indonesia yang dimiliki oleh Evan Dimas. Tak perlu diragukan, gelandang berusia 24 tahun itu memang kerap jadi andalan Timnas Indonesia di lini tengah.

Bahkan status andalan lini tengah Timnas Indonesia membuat Barito Putera harus kehilangan Evan Dimas sebanyak 9 laga, di antaranya adalah pertandingan krusial. Seperti absen saat Barito menghadapi Bali United, Persib Bandung, PSM Makassar dan Persipura Jayapura.

Hal serupa bisa terjadi kepada Persija Jakarta jika mendatangkan Evan Dimas untuk Liga 1 2020 mendatang. Di mana ada sejumlah kalender penting Timnas Indonesia di tahun ini, seperti Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia hingga Piala AFF 2020.

  • Statistik Evan Dimas di Liga 1 2019

Kerugian selanjutnya adalah terletak pada penampilan Liga 1 2019 bersama Barito Putera. Ternyata selain sibuk membela Timnas Indonesia, Evan Dimas juga punya statistik tak terlalu mentereng.

Bersama Barito Putera, Evan Dimas hanya tampil sebanyak 20 pertandingan dan cuma 2 gol di Liga 1 2019. Bahkan dia tak mencetak satu assist pun, di mana itu merupakan tugasnya sebagai gelandang.

  • Posisi Evan Dimas

Yang terakhir adalah kerugian yang melihat posisi Evan Dimas, khususnya setiap kali dia diturunkan saat membela Barito Putera di bawah asuhan Djadjang Nurdjaman. Sejak awal musim bela Barito Putera, dia banyak tampil sebagai gelandang serang.

Melihat peran Evan Dimas selama membela Barito Putera, kita tahu Persija sudah punya cukup pemain berpengalaman di posisi gelandang serang.

Meski melepas Fitra Ridwan, Persija masih punya Ramdani Lestaluhu untuk mengisi posisi gelandang serang. Belum lagi Braif Fatari, meski posisi aslinya gelandang tengah, tapi juga bisa dipasang sebagai gelandang serang.

Braif Fatari merupakan gelandang muda penuh potensial yang dipertahankan Persija Jakarta di awal tahun. Tak menutup kemungkinan dirinya akan didaftarkan sebagai anggota skuat senior di Liga 1 2020 mendatang.

1