Liga Indonesia

Akademi PSM Makassar Punya Jenjang Regenerasi yang Cerah

Jumat, 3 Januari 2020 08:39 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Yohanes Ishak
© @akademipsmmakassar
Pelatih klub Liga 1, PSM Makassar U-16, Muhammad Irfan Rahman, memberikan arahan kepada pemainnya. Copyright: © @akademipsmmakassar
Pelatih klub Liga 1, PSM Makassar U-16, Muhammad Irfan Rahman, memberikan arahan kepada pemainnya.

INDOSPORT.COM - Klub Liga 1, PSM Makassar, sepertinya tidak perlu risau mencari pemain muda berkualitas untuk beberapa tahun ke depan.

Sebab, Pasukan Ramang (julukan PSM Makassar) memiliki akademi dengan jenjang regenerasi yang sangat cerah.

Berafiliasi dengan SSB Mitra Manakarra yang merupakan salah satu sekolah sepakbola terkemuka di Mamuju, PSM akhirnya membentuk akademi yang berbasis di Ibu Kota Provinsi Sulawesi Barat sejak akhir tahun 2017 silam.

Tidak perlu waktu lama, Akademi PSM mulai menunjukkan hasilnya. Tidak tanggung-tanggung, sebanyak lima pemain disumbangkan ke berbagai kelompok umur di Timnas Indonesia sepanjang musim 2019 ini.

Selain itu, PSM menemukan permata baru dalam diri Rizky Eka Pratama yang melejit diajang Liga 1 2019. Kapten PSM U-19 pada musim 2018 itu menjadi debutan terbaik dengan catatan 22 laga ditambah satu gol dan empat assist.

Tidak sampai disitu, PSM U-16 yang kandas di Babak 8 Besar justru paling menarik perhatian sejumlah pemantau bakat. Pola permainan Pasukan Ramang Muda menuai banyak pujian sebab dianggap telah selevel dengan level senior.

Memasuki musim 2020, pelatih Akademi PSM, Muhammad Irfan Rahman, sadar sejumlah pemain akan dipromosikan ke jenjang usia yang lebih di atasnya lagi. Seperti dari PSM U-16 akan dipromosikan ke U-18 dan yang dari U-18 naik pangkat ke U-20.

Walau akan terjadi eksodus pemain besar-besaran ke jenjang usia yang lebih di atas, Irfan Rahman justru tidak gusar. Sebab, Akademi PSM telah memiliki banyak stok pemain dari U-15 yang siap dipromosikan ke U-16.

"Akademi PSM ini juga kan bekerja sama dengan SSB Mitra Manakarra yang memiliki jenjang usia sampai tim usia 10 tahun. Sehingga regenerasi kami tidak pernah putus," ungkap Irfan Rahman kepada redaksi berita INDOSPORT via sambungan telepon, Kamis (02/01/20).

"Beberapa pemain U-16 yang belum dipromosikan akan dilengkapi dengan pemain dari tim U-15. Jadi saya rasa tidak akan menjadi kendala," tambah Irfan Rahman yang menjadi pelatih PSM U-16 musim lalu ini.

Irfan Rahman pun telah bergerak cepat menyambut musim 2020 dengan mengumpulkan skuatnya sejak November lalu. Selain itu, ia juga semakin gencar mengadakan laga persahabatan untuk setiap jenjang usia di Akademi klub Liga 1, PSM Makassar.