Liga Indonesia

Harga Pasar Pemain Asing Baru Madura United Lampaui Nilai Evan Dimas

Sabtu, 4 Januari 2020 14:08 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Harga pasar pemain baru klub Liga 1 Madura United, Emmanuel Oti Essigba, ternyata lampaui nilai Evan Dimas Darmono yang capai Rp5 miliar lebih.

Pemain kelahiran Ghana 23 tahun silam itu didatangkan Madura United atas rekomendasi kepala pelatih Rahmad Darmawan jelang Liga 1 2020 bergulir.

"Kedatangan Oti yang berposisi sebagai winger sesuai dengan kebutuhan tim sebagaimana diskusi dengan manajemen klub untuk posisi tersebut," ujar Rahmad ke awak media, Jumat (03/01/20).

Dengan begitu, Oti menjadi pemain asing ketiga yang didaratkan oleh Madura United setelah memperpanjang masa bakti Zah Rahan Krangar dan mendatangkan Brian Ferreira.

Oti menjadi pemain asal benua Afrika ke-7 yang pernah membela Madura United setelah Erick Weeks, Peter Odemwingie, Boubacar Sanogo, Redouane Zerzouri, Zah Rahan Krangar, dan Mamadou Samassa.

© Twitter/@MaduraUnitedFC
Pemain anyar Madura United Emmanuel Oti Essigba (kiri) dan sang agen Kiko Insa (kanan). Copyright: Twitter/@MaduraUnitedFCPemain anyar Madura United Emmanuel Oti Essigba (kiri) dan sang agen Kiko Insa (kanan).

Oti juga bisa bermain sebagai gelandang tengah serta pemain sayap kiri. Hal ini menjadi sebuah keuntungan untuk Madura United.

Meski begitu, ternyata ada sisi menarik yang bisa ditelisik oleh para penggemar sepak bola nasional terkait akan harga sang pemain.

Berdasarkan data yang disajikan oleh laman Transfermarkt harga pasar (market value) pemain yang dipanggil Oti itu mencapai Rp6,1 miliar (400 ribu Euro) per 8 Juni 2019.

Jumlah tersebut ternyata melebihi nilai pasar dari gelandang kelahiran Surabaya Evan Dimas Darmono yang diketahui mencapai Rp5,4 miliar (350 ribu Euro).

Di sisi lain, Madura United telah melepas beberapa pemain asing jelang bergulirnya Liga 1 2020 yang di antaranya Jaimerson da Silva Xavier, Aleksandar Rakic, dan Ante Bakmaz.