Liga Indonesia

Keseruan Turnamen SSB di Sukoharjo Menuju Kejuaraan Asia Tenggara

Sabtu, 4 Januari 2020 18:29 WIB
Penulis: Prabowo | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORTA
Sebanyak 32 Sekolah Sepak Bola (SSB) mengikuti turnamen bertajuk Kandang Menjangan Cup di Lapangan Markas Grup 2 Kopassus, Sukoharjo. Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORTA
Sebanyak 32 Sekolah Sepak Bola (SSB) mengikuti turnamen bertajuk Kandang Menjangan Cup di Lapangan Markas Grup 2 Kopassus, Sukoharjo.

INDOSPORT.COM - Sebanyak 32 Sekolah Sepak Bola (SSB) mengikuti turnamen bertajuk Kandang Menjangan Cup di Lapangan Markas Grup 2 Kopassus, Sukoharjo, Sabtu-Minggu (04-05/01/20).

Ajang yang juga dalam rangkaian HUT ke-68 Kopassus tersebut juga menuju ke kejuaraan South East Asia Football Talent (SEAFT) yang akan diselenggarakan di Malaysia.

Kandang Menjangan Cup mempertandingkan dua kelompok umur kelahiran 2008 dan kelompok umur kelahiran 2010. Nantinya, juara setiap kelompok umur akan maju ke tingkat nasional di Semarang, Maret mendatang.

"Ada sembilan wilayah di Jawa Tengah salah satunya di Grup 2 Kopassus. Nanti akan diambil juara pertama dan maju ke nasional. Untuk SEAFT di Malaysia berlangsung April nanti," kata Koordinator SEAFT Jawa Tengah, Darmaji.

"Ajang serupa sebelumnya wakil Indonesia adlaah SSB Tugu Muda Semarang dan menjadi juara. Tentu harapan kami edisi kali ini prestasi itu kembali terulang," tambahnya.

Ada beberapa peraturan unik yang diterapkan di turnamen tersebut. Salah satunya larangan tim pelatih memberikan instruksi di lapangan saat pertandingan berlangsung.

Pelatih hanya diperkenankan memberikan instruksi saat jeda istirahat. Langkah ini disebut Darmaji agar para pemain bebas berkreasi di lapangan.

"Memang saat technical meeting disepakati seperti itu. Jadi agar para pemain bebas bermain," ujar dia.

Sementara Komandan Grup 2 Kopassus, Kolonel Inf Aulia Dwi Nasrullah berharap tuyrnamen itu bisa mencetak atlet pesepak bola nasional dan akan ajdi duta di event SEAFT di Malaysia.

"Ini baru pertama kali kita selenggarakan di sini (Grup 2 Kopassus). Nanti rencananya akan jadi turnamen tahunan," ujar Aulia.