Liga Indonesia

Tutup Usia, Begini Sosok Adji Bratakusuma di Mata Pemain dan Pelatih Persib Putri

Minggu, 5 Januari 2020 14:55 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Indra Citra Sena
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pemain Persib Bandung Putri, Risqiyanti, merasa amat kehilangan sosok pelatih kiper Adji Bratakusuma lantaran banyak ilmu dan pengalaman berharga yang ia dapat di Liga 1 Putri 2019. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pemain Persib Bandung Putri, Risqiyanti, merasa amat kehilangan sosok pelatih kiper Adji Bratakusuma lantaran banyak ilmu dan pengalaman berharga yang ia dapat di Liga 1 Putri 2019.

INDOSPORT.COM - Pemain Persib Bandung Putri, Risqiyanti, merasa amat kehilangan sosok pelatih kiper Adji Bratakusuma lantaran banyak ilmu dan pengalaman berharga yang ia dapat selama mengarungi Liga 1 Putri 2019. 

Menurut Kijun, sapaan akrab Risqiyanti, meski Adji menjabat pelatih penjaga gawang, namun sering mengajarkan teknik bermain bola kepada pemain lain, termasuk dirinya. 

Sebagai informasi, Adji Bratakusuma meninggal dunia di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS), Kota Bandung, pada Jumat (3/1/20) sekitar pukul 22.55 WIB.

"Coach Aji adalah sosok yang sangat baik banget, dia selalu mengajarkan saya dan teman-teman bagaimana cara bermain dengan baik, sabar. Beliau juga selalu mengajarkan teknik menembak bola yang baik dan benar," kata Kijun kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT, Minggu (5/1/20). 

"Beliau adalah sosok yang sangat sabar dan bersemangat. Beliau selalu mencairkan keadaan di tim ini. Sungguh sosok yang sangat menyenangkan dan baik," kenangnya. 

Hal serupa juga dirasakan pelatih Persib Putri, Iwan Bastian. Sosok Adji di matanya tidak pernah membeda-bedakan pemain dan sering berbagi ilmu serta pengalamannya kepada para pemain maupun sesama pelatih. 

"Sosok Adji Bratakusuma menurut saya orangnya baik. Dia juga selalu mengayomi junior, ke saya juga sama. Sering sharing ilmu, dia juga orangnya menghargai walaupun ke junior, ke satu angkatan jadi nggak membeda-bedakan," ucap Ibas, sapaan akrab Iwan Bastian.  

"Orangnya bijak, selama dengan saya dia sahabat dan sudah lama bareng-bareng, dan kemarin terakhir satu tim dengan saya di Persib Bandung Putri," cetusnya. 

Adji Bratakusuma merupakan sosok penting di Persib Putri. Berkat ilmu dan pengalaman di sepak bola, ia mampu mengasah potensi Della Alvyana, Nurhalimah, dan Diyana Herliana tampil maksimal di bawah mistar gawang selama di Liga 1 Putri 2019. 

Selain itu, Adji juga turut berjasa mengantarkan Persib meraih gelar juara di Liga 1 Putri yang baru digelar pertama kali oleh PSSI tahun lalu.