In-depth

Geliat Transfer PSS Sleman, Diam-diam Siap Menghanyutkan

Minggu, 5 Januari 2020 15:45 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Alvin Syaptia Pratama/INDOSPORT
PSS Sleman menjadi tim yang tak begitu gembar-gembor di bursa transfer Liga 1 2020. Copyright: © Alvin Syaptia Pratama/INDOSPORT
PSS Sleman menjadi tim yang tak begitu gembar-gembor di bursa transfer Liga 1 2020.

INDOSPORT.COM - PSS Sleman menjadi tim yang tak begitu gembar-gembor di bursa transfer pemain Liga 1 2020. Namun begitu, dengan pergerakan senyap mereka mulai membangun kekuatan untuk musim baru. 

PSS Sleman tampil impresif musim lalu. Berstatus sebagai tim promosi, PSS berhasil finis di posisi delapan klasemen akhir Liga 1 2019 dengan raihan 12 kemenangan, 12 imbang, dan 10 kalah. 

Dalam beberapa pekan, mereka bahkan bertengger di posisi kelima. Raihan ini pun menimbulkan ekspektasi tinggi pada penampilan mereka musim depan. 

Namun, hingga hari ini, Minggu (05/01/20), PSS Sleman terkesan adem ayem dalam bursa transfer. Akan tetapi benarkah demikian?

PSS Sleman memang minim dihubungkan dengan pemain-pemain asing baru musim ini. Hal tersebut terjadi lantaran mereka memang telah mendapatkan tiga dari empat pemain asing untuk musim depan.

Ya, seperti yang diketahui, PSS Sleman mempertahankan tiga pilar asingnya yang berlaga di Liga 1 2019 untuk musim depan. Mereka adalah Alfonso De La Cruz (bek/Spanyol), Guilherme Batata (gelandang/Brasil), dan Yevhen Bokhasvili (striker/Ukraina).

Yevhen Bokhasvili merupakan top skor tim Super Elang Jawa musim lalu dengan 16 gol. Maka tak heran jika manajemen memilih mempertahankan Bokhasvili. 

© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Yevhen Bokhasvili berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Persela Lamongan, Kamis (15/08/2019). Copyright: Ronald Seger Prabowo/INDOSPORTYevhen Bokhasvili berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Persela Lamongan, Kamis (15/08/2019).

Hanya Brian Ferreira yang tak diperpanjang kontrak oleh PSS. Selain tiga pemain asing, PSS juga mengamankan lima pemain lokalnya, yakni Saddam Emiruddin, Ocvian Chanigio, Efdal Prasetio, Bagus Nirwanto, Irkham Mila, dan Asyraq Gufron.

Yang menarik adalah, PSS Sleman melepas cukup banyak pilar lokal di bursa transfer musim ini. Setidaknya tiga pemain kunci dipastikan hengkang dari Maguwoharjo. 

Mereka adalah Samuel Christianson, Haris Tuharea, dan Ricky Kambuaya. Samuel dan Haris dipastikan berseragam Madura United. Sementara Ricky Kambuaya resmi menandatangani kontrak dengan Persebaya.

2 Pilar Asing Impian Seto

PR besar PSS Sleman musim 2020 ini adalah mendatangkan satu pemain asing Asia. Nama gelandang serang Persela Lamongan, Kei Hirose, pun masuk dalam target pelatih Seto Nurdiyantoro. 

Selain itu, bek PSM, Aaron Evans, juga masuk dalam bidikan. Namun, peluang Aaron bergabung sepertinya tipis lantaran PSS sudah mempertahankan Alfonso De La Cruz yang belakangan menimbulkan pro-kontra. 

© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Bek PSS Sleman, Alfonso De La Cruz berusaha menahan tendangan striker Madura United, Alexandar Rakic dalam laga Piala Presiden di Stadion Maguwoharjo. Foto: Ronald Seger Prabowo Copyright: Ronald Seger Prabowo/INDOSPORTBek PSS Sleman, Alfonso De La Cruz berusaha menahan tendangan striker Madura United, Alexandar Rakic dalam laga Piala Presiden di Stadion Maguwoharjo. Foto: Ronald Seger Prabowo

Akan tetapi, usaha untuk mendatangkan Kei Hirose masih terhambat lantaran saat ini PSS sedang menunggu kepastian PSSI perihal peluang sang pelatih menjadi asisten Shin Tae-yong di timnas.