In-depth

Osas Saha Datang, Bakal Ada Pertarungan Striker Naturalisasi di PSM Makassar

Minggu, 5 Januari 2020 13:57 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© INDOSPORT
Dua striker naturalisasi, Osas Saha dan Ezra Walian kemungkinan akan bertarung di lini depan PSM Makassar pada Liga 1 2020 mendatang. Copyright: © INDOSPORT
Dua striker naturalisasi, Osas Saha dan Ezra Walian kemungkinan akan bertarung di lini depan PSM Makassar pada Liga 1 2020 mendatang.

INDOSPORT.COMPSM Makassar dikabarkan telah menjalin komunikasi untuk mendatangkan striker naturalisasi, Osas Saha, pada bursa transfer Liga 1 2020.

Kabar itu muncul melalui akun Twitter yang fokus terhadap kegiatan transfer sepak bola Indonesia, Indostransfer. Bahkan akun tersebut menyebut jika Osas Saha sudah resmi ke PSM.

Akan tetapi, hingga saat ini belum ada kabar resmi dari pihak PSM Makassar. Klub berjuluk Juku Eja ini belum memperkenalkan sang pemain, setidaknya melalui akun media sosial resminya.

Mendatangkan Osas Saha sendiri memang menjadi salah satu langkah yang cukup tepat untuk PSM. Mengingat, sejauh ini PSM belum mendapatkan striker mematikan di lini serang mereka.

Pada Liga 1 2019 lalu, tak ada striker PSM yang mampu mengumpulkan 10 gol. Itu sudah cukup menjelaskan bahwa Juku Eja membutuhkan sosok penyerang haus gol.

Dua striker asing mereka, Eero Markkanen (1 gol) dan Amido Balde (6 gol), bahkan masih kalah dengan catatan gol yang ditorehkan penyerang lokal Ferdinand Sinaga (9 gol).

Sedangkan Osas Saha memiliki produktivitas yang cukup baik di Liga 1 2019 kemarin. Dari 28 pertandingan, penyerang asal Nigeria ini mampu mengemas 10 gol dan 5 assists.

Berkat penampilan apiknya bersama Tira Persikabo di Liga 1 2019, Osas Saha bahkan masuk dalam proyeksi Simon McMenemy saat Timnas Indonesia menjalani Kualifikasi Piala Dunia 2020.

Jika Osas Saha benar-benar resmi direkrut PSM, maka bakal ada pertarungan striker naturalisasi di lini depan Juku Eja. Mengingat, sebelumnya PSM lebih dulu mendatangkan Ezra Walian.

Melihat Persaingan Osas Saha dan Ezra Walian

© Twitter/@Liga1Match
Striker naturalisasi PSM Makassar Ezra Walian (tengah). Copyright: Twitter/@Liga1MatchStriker naturalisasi klub Liga 1 PSM Makassar Ezra Walian (tengah).

Pertarungan striker naturalisasi Osas Saha dan Ezra Walian kemungkinan akan hadir pada kompetisi Liga 1 2020 mendatang.

Sebenarnya, PSM memiliki satu striker naturalisasi lainnya, yakni Guy Junior. Namun kabar yang beredar melaporkan jika sang pemain akan bergabung ke Persib Bandung pada Liga 1 2020 nanti.

Oleh karena itu, INDOSPORT mencoba untuk melihat persaingan yang akan terjadi antara dua striker naturalisasi, yakni Osas Saha dan Ezra Walian.

Statistik Ezra Walian sendiri memang masih kalah jauh dengan catatan gol yang dikumpulkan oleh mantan penyerang Persija Jakarta.

Ezra sendiri baru saja didatangkan pada bursa transfer pertengahan musim Liga 1 2019. Ia hanya mampu mengoleksi 3 gol dan 1 assist dari 16 pertandingan.

Catatan tersebut memang masih jauh dari harapan seorang striker. Akan tetapi, dengan kehadiran sosok pelatih baru Bojan Hodak, bukan tidak mungkin jika performa Ezra bakal meningkat.

Mengingat gawang yang dibobol oleh Ezra adalah tim-tim ternama di persepakbolaan Indonesia. Terhitung, ada dua tim Liga 1 yang dapat dibobol Ezra, yakni Arema FC dan Persipura Jayapura.

Dengan pengalaman yang lebih banyak di persepakbolaan Indonesia, Osas Saha tentu memiliki catatan lebih baik ketimbang Ezra.

Karena Osas Saha menjadi tumpuan di lini serang Tira Persikabo pada Liga 1 2019 lalu, di mana ia pernah mencetak 2 gol dan 1 assist dalam dua laga berbeda.

Catatan itu ia torehkan pertama kali saat berhasil mengalahkan Persija 5-3. Dua pekan kemudian, Osas Saha kembali menorehkan catatan yang sama di laga melawan Kalteng Putra (5-2).

Akan tetapi, catatan Osas Saha dan Ezra pada Liga 1 2019 kemarin tidak bisa jadi patokan. Artinya, bukan tidak mungkin jika Ezra akan bermain lebih ganas ketimbang Osas Saha di musim depan.

Tak ada yang bisa memprediksikan siapa yang lebih unggul pada Liga 1 2020 mendatang. Jawabannya hanya bisa terlihat ketika keduanya benar-benar memainkan kompetisi bersama pada musim depan. Patut dinantikan.

IDS Emoticon Suka
Suka
25%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
25%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
25%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
25%