Liga Indonesia

Persita Semakin Dekat Datangkan Bek Timnas Kirgistan

Minggu, 5 Januari 2020 17:38 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Persita Tangerang mulai bergerilya di bursa transfer jelang Liga 1 2020, terutama membidik pemain asing. Tim Pendekar Cisadane dilaporkan menjalin komunikasi dengan bek asal Kirgistan, Tamirlan Kozubaev.

Pemain 25 tahun tersebut menjadi incaran terdepan, setelah manajer Persita, Nyoman Suryanthara mengonfirmasi jika mereka telah menjalin komunikasi dengan pemain Asia yang belum pernah berkarier di Indonesia.

"Ada pemain dari Asia Tengah," tuturnya singkat.

Merapatnya Kozubaev ke Persita semakin diperkuat dengan pernyataan salah satu agen pemain, Aggy Eka Ressy   yang mengatakan akan ada pemain Kirgistan yang tiba di Tangerang dalam waktu dekat.

Meski tak menyebut nama secara langsung, Aggy memberikan kode jika pemain yang bersangkutan adalah bagian dari Timnas Kirgistan.

"Persita lusa kedatangan bek Asing Asia. Fix, Selasa datang, dari Timnas Asia Tengah, Kirgistan," tutur Aggy.

Kozubaev adalah salah satu pilihan utama timnas Kirgistan di lini belakang. Ia tercatat diturunkan dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Jepang dan Tajikistan.

Dalam laga melawan Tajikistan, ia bahkan mampu mencetak satu gol yang membuat skor akhir imbang 1-1. Gol tersebut menjadi gol yang kedua sepanjang 27 penampilan bersama Timnas Kirgistan.

Selain itu, Kozubaev pernah bermain di kompetisi sepak bola Eropa selama tiga musim. Ia pernah membela FK Siauliai (2014) dan FK Klaipedos Granitas (2015) di Liga Lituania, serta FK Jagodina di Liga Serbia (2015-2016).

Musim lalu, Kozubaev bermain untuk tim Liga Super Malaysia (kasta tertinggi liga sepak bola Malaysia), PKNS FC. Sebagai bek tengah, ia cukup produktif dengan melesakkan lima gol dari 28 pertandingan di semua ajang.