Liga Indonesia

PT LIB Minta Klub Indonesia Tiru Kesuksesan Bali United

Minggu, 5 Januari 2020 14:46 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Lanjar Wiratri
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator kompetisi Liga 1 dan 2 Indonesia, melalu komisarisnya, Gusti Randa menyatakan, klub-klub lain harus berani mengikuti jejak Bali United. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator kompetisi Liga 1 dan 2 Indonesia, melalu komisarisnya, Gusti Randa menyatakan, klub-klub lain harus berani mengikuti jejak Bali United.

INDOSPORT.COM - PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator kompetisi Liga 1 dan 2 Indonesia, melalu komisarisnya, Gusti Randa menyatakan, klub-klub lain harus berani mengikuti jejak Bali United. Sistem pengelolan klub yang modern, harus mulai diterapkan agar semua potensi klub bisa dimanfaatkan.

Gusti Randa mengatakan, klub di era sekarang tidak bisa lagi hanya mengandalkan subsidi dari PSSI. Klub harus memanfaatkan semua potensi yang ada mulai dari penjualan merchandise hingga melantai ke bursa saham lewat Initial Public Offering (IPO).

"Bali United harus dicontoh, mereka ada IPO dan klub modern memang seperti itu. Tidak hanya harapkan subsidi saja, harus berkreasi sendiri," katanya.

Langkah berani Bali United untuk masuk ke bursa saham pun menuai hal positif. Selain harga saham yang meningkat, prestasi Serdadu Tridatu pun ikut terdongkrak, terbukti dengan gelar juara Liga 1 2019.

Bali United banyak melakukan inovasi sejak didirikan 2015 lalu. Tim milik Pieter Tanuri itu mendirikan toko resmi klub di stadion, cafe klub yang berada di stadion, tur stadion dan masih banyak hal lainnya yang dikembangkan.

Lebih lanjut, menjelang Liga 1 2020, Gusti Randa berharap PSSI mewujutkan penambahan subsidi untuk klub Liga 1 2020 yang dijanjikan ketua umum PSSI, Mochammad Iriawan alias Iwan Bule. Pasalnya, Iwan Bule berjanji akan memberi subsidi tim-tim Liga 1 hingga Rp15 miliar jika dirinya terpilih sebagai orang nomor satu di PSSI.

"Kalau subsidi PSSI jadi Rp15 miliar maka akan sangat bagus buat klub," ujarnya.