Bola Internasional

Demi Main ke Jepang Jadi Alasan Bek Papua Pindah Klub di Thailand

Senin, 6 Januari 2020 16:48 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Dokumentasi Yanto Basna
Rudolof Yanto Basna saat diperkenalkan ke publik sebagai Pemain Baru PT Prachuap FC. Copyright: © Dokumentasi Yanto Basna
Rudolof Yanto Basna saat diperkenalkan ke publik sebagai Pemain Baru PT Prachuap FC.

INDOSPORT.COM - Bek asal Papua, Rudolof Yanto Basna resmi berpindah klub di kompetisi sepak bola kasta tertinggi Thailand, usai memutuskan hijrah ke klub peraih gelar juara Piala Liga Thailand, PT Prachuap FC.

Yanto memilih berpindah klub demi mewujudkan impiannya untuk bisa menapaki karier yang lebih tinggi hingga mencicipi kompetisi Liga Jepang.

"Target saya dengan berpindah klub ini agar bisa dapat bermain reguler dan tahun depan coba bermain ke Jepang.  Ke manapun Tuhan menempatkan saya, saya siap," ungkap Yanto kepada INDOSPORT, Senin (06/01/20).

Alasan lain yang mendasari niatnya untuk tetap berkarier di Thailand karena ia menilai kompetisi sepak bola di negeri berjuluk gajah putih itu lebih berkualitas ketimbang di dalam negeri.

"Sebenarnya banyak klub Indonesia dan negara tetangga yang juga berminat, tapi saya lebih memilih ke Prachuap karena jujur sepak bola Thailand memiliki level yang jauh di atas," bebernya.

"Secara level Thailand jauh di atas, dan kalau mau berkembang yah harus keluar dari zona nyaman dan bermain di level yang baik," terangnya.

Eks Persib Bandung dan Mitra Kukar ini juga mengaku kerasan berada di Thailand, apalagi ia menilai klub barunya, Prachuap memiliki kondisi geografis yang mirip dengan Papua.

"Saya pribadi sudah terbiasa merantau dan saya merasa nyaman di sini. Thailand sudah seperti rumah kedua saya. Klub Prachuap juga seperti Papua karena dikelilingi pantai," pungkasnya.

Sebelum berlabuh ke Prachuap FC, Yanto memperkuat klub Sukhothai FC yang pada musim Thai League 1 2019 kemarin hanya finis di peringkat ke-12. Sementara Prachuap yang finis di peringkat ke-9 berhasil menjuarai Piala Liga Thailand.