Bola Internasional

Mengenal PT Prachuap FC, Kuda Hitam Liga Thailand yang Jadi Klub Baru Yanto Basna

Minggu, 5 Januari 2020 20:12 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Berikut profil singkat PT Prachuap FC, sang kuda hitam Liga Thailand yang menjadi klub baru bintang Timnas Indonesia, Yanto Basna di musim depan.

Kepastian bergabungnya Yanto Basna bersama PT Prachuap FC, diumumkan langsung melalui akun Facebook resmi klub pada Minggu (05/01/20) sore WIB.

Yanto Basna yang sebelumnya bermain untuk Sukhothai FC, bakal mengisi satu dari empat kuota pemain Asia Tenggara (ASEAN) Prachuap FC di Liga Thailand musim depan.

"Prachuap FC berhasil menandatangani kontrak dengan bek Timnas Indonesia untuk mengisi kuota ASEAN. Pada musim lalu, ia bermain untuk Sukhothai FC, sama seperti Ian Ramsay," tulis akun Prachuap FC.

Nama Yanto Basna sendiri memang sempat ramai dirumorkan di bursa transfer akhir tahun lalu, beberapa nama klub baik lokal maupun asing selalu mengaktifkan kepindahan dirinya.

Resmi bergabung bersama PT Prachuap FC, membuat mantan pemain Persib Bandung ini semakin memperpanjang karir sepak bolanya di negara Thailand.

Total bek berusia 24 tahun tersebut sudah dua musim berada di Thailand, dan Prachuap FC akan menjadi klub ketiga Yanto Basna sepanjang kariernya di Thai League.

Prachuap FC sendiri bukanlah klub sembarangan di Thailand. Walau baru dibentuk pada tahun 2009 namun skuat berjuluk the Killer Wasp ini berhasil meraih gelar juara di ajang Piala Liga musim lalu.

Klub yang bermarkas di Sam Ao Stadium ini memang belum cukup banyak pengalaman di kasta teratas Liga Thailand, namun mereka berhasil menjaga konsistensi di Thai League sejak pertama kali promosi tahun 2017 silam.

Dalam dua musim tampil di Liga 1 Thailand, Prachuap FC belum pernah terdegradasi dan di musim lalu sukses finish di peringkat sembilan dengan raihan 37 angka, selisih tujuh poin dari penghuni zona degradasi.

Dalam ajang Piala Liga musim lalu pun Prachuap FC tampil sangat impresif, tercatat mereka berhasil mengalahkan beberapa tim kuat di babak semifinal hingga final.

Sebut saja Chiangrai United yang menjadi kampiun Liga Thailand musim lalu, berhasil dikalahkan lewat adu penalti pada babak semifinal. Serta Buriram United F.C. yang merupakan runner up Liga musim lalu, juga dikalahkan lewat ado tos-tosan di babak final yang sekaligus memastikan gelar perdana Prachuap FC di ajang Piala Liga.

Dengan sederet prestasi Prachuap di musim lalu, jelas klub berlogo 'Lebah' tersebut lebih baik daripada Sukhothai (klub lama Yanto Basna), dan sangat tepat jika Basna memilih bergabung bersama Prachuap FC musim depan.