Liga Indonesia

Siapa Ivan dan Vanja Markovic, Pemain Kembar yang Dikaitkan dengan Persija Jakarta

Selasa, 7 Januari 2020 19:47 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Ivan Markovic dan Vanja Markovic santer dirumorkan akan menjadi dua pemain asing baru klub Liga 1 Persija Jakarta. Siapa sebenarnya mereka?

Teka-teki pemain asing baru Persija Jakarta yang akan menyusul Marko Simic, belum juga terungkap. Alhasil, berbagai rumor transfer pun masih terus kencang berhembus.

Belakangan muncul dua nama pemain sekaligus yakni Ivan Markovic dan Vanja Markovic. Pemain kembar asal Serbia itu dirumorkan akan mengisi dua slot utama di lini tengah Persija Jakarta. Menggantikan posisi yang musim lalu diisi Joan Tomas dan Rohit Chand.

Sebagai calon pendatang baru yang namannya belum banyak diketahui publik sepak bola Indonesia, berikut INDOSPORT coba rangkumkan profil Ivan Markovic dan Vanja Markovic.

Vanja Markovic

Vanja Markovic mengawali kiprahnya di sepak bola dengan berlatih di akademi klub Liga Belanda VVV Venlo. Setelahnya di tahun 2011, Vanja Markovic mulai menjejaki karier profesional di level junior dengan bergabung ke klub raksasa Serbia, Partizan Belgrade.

Dua musim di tim junior Partizan Belgrade, Vanja markovic memulai petualangannya di Liga Polandia bersama Korona Kielce. Cukup lama bertahan di Korona Kielce, pemain yang berposisi sebagi geladnang tengah dan bertahan tersebut hengkang ke klub markedonia Vardar Skopje.

hanya semusim di sana, Vanja Markovic berpindah lagi ke Portugal, memperkuat klub yang bermain di kasta kedua Liga Portugal, SC Farense.

Sempat terkatung-katung setelah dilepas SC Farense di Maret 2019, Vanja Markovic sempat memperkuat klub Hungaria Kaposvari Rakocxi, sebelum akhirnya kembali berstatus tanpa klub di Januari 2020 ini.

Sebagai pemain tengah, Vanja Markovic tak banyak bisa berkontribusi dalam mencetak gol. Namun dengan catatan 67 pertandingan di kasta tertinggi Liga Polandia, cukup menggambarkan bahwa pemain 25 tahun itu cukup bisa menjadi andalan klubnya.

Ivan Markovic

Sama seperti suadara kembarnya, Ivan Markovic juga mengawali karier di klub junior PArtizan Belgrade, begitupun ketika di level senior. Klub Liga Polandia Korona Kielce adalah batu loncatan perdana karier profesional Ivan Markovic.

Namun bedanya, di Korona Kielce Ivan Markovic hanya bertahan semusim, untuk kemudian hengkang ke klub raksasa Bulrgaria, CSKA Sofia. 

Di CSKA Sofia pun Ivan Markovic hanya semusim bertahan, sebelum akhirnya berpindah ke Liga Yunani memperkuat APO Levadiakos.

Kebiasaan Ivan Markovic berpindah-pindah klub diawal kariernya terus berlanjut. Usai di APO Levadiakos, Ivan Markovic bahkan tak sekalipun bertahan lebih dari semusim di satu klub.

Berturut mulai dari klub Bulgaria Cherno More, Gyognam FC di Korea Selatan, FK Vozdovac dan FK Radnik Surdulica di Liga Serbia, AFC Eskilstuna di Swedia, PS Klamata di Yunani dan terakhir Rabotnicki Skopje di Liga Markedonia bergantian diperkuat Ivan Markovic.

Di Rabotnicki Skopje jugalah Ivan Markovic yang berposisi sebagai geladnang serang tersebut bisa menunjukan penampilan terbaiknya sepanjang karier. Dimana dirinya bisa bermain hingga 17 pertandingan dan melesatkan lima gol dan 2 asist, sebelum akhirnya kini dirumorkan ke klub Liga 1 2020, Persija Jakarta.