Bola Internasional

Formasi Maut Skuat Afrika 10 Tahun Terakhir, Ada Eks Persib Bandung

Rabu, 8 Januari 2020 13:55 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Indra Citra Sena
© Pikiran Rakyat/Armin Abdul Jabbar
Michael Essien kala masih berseragam Persib Bandung di Liga 1 2019. Copyright: © Pikiran Rakyat/Armin Abdul Jabbar
Michael Essien kala masih berseragam Persib Bandung di Liga 1 2019.

INDOSPORT.COM - Mantan pemain Chelsea dan Persib Bandung, Michael Essien, menjadi diketahui ke dalam susunan 11 pemain terbaik Afrika selama sedekade terakhir.

Dilansir BBC Sports, Essien ini terpilih berkat penampilannya selama 10 tahun terakhir bersama klub-klub yang ia bela. Selain itu, pencapaiannya bersama timnas Ghana juga cukup mengundang decak kagum.

Dalam satu dekade terakhir, pemain yang pernah membela Persib Bandung ini mampu memenangi Liga Champions dan Piala FA bersama Chelsea. Michael Essien juga mampu membawa timnas Ghana menjadi runner-up Piala Afrika 2010.

Pencapaian tersebut membuatnya terpilih menjadi salah satu dari 11 pemain terbaik Benua Afrika dalam sedekade (2009-2019). Selain Essien, nama-nama besar pun masuk daftar seperti Kolo Toure, Kalidou Koulibaly, Yaya Toure, Sadio Mane, Mohamed Salah, Didier Drogba, dan Samuel Eto'o.

Pencapaian ini cukup memuaskan secara pribadi bagi Essien. Pasalnya, sepak bola Afrika dalam sedekade terakhir mulai menunjukkan perkembangan pesar dengan lahirnya generasi baru yang mampu berbicara di sepak bola dunia.

Nama Michael Essien sendiri tak begitu asing di kancah sepak bola Internasional dan nasional. Pemain yang juga pernah membela Real Madrid ini sempat mencicipi kerasnya persaingan Liga 1 bersama Persib Bandung.

Meski tak mampu memberi gelar bergengsi, nama Essien tetap abadi sebagai salah satu pemain yang mampu mencuri hati penggemar Si Pangeran Biru.