Liga Italia

Inter Milan Berada di Atas Juventus Saat Sebenarnya Mereka Kalah Head to Head, Aturan Berubah?

Rabu, 8 Januari 2020 17:08 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Nicolò Campo/LightRocket via Getty Images
Inter Milan masih memimpin klasemen Liga Italia Serie A mengungguli Juventus dengan poin yang sama. Padahal dalam aturan head to head, mereka sebenarnya kalah. Copyright: © Nicolò Campo/LightRocket via Getty Images
Inter Milan masih memimpin klasemen Liga Italia Serie A mengungguli Juventus dengan poin yang sama. Padahal dalam aturan head to head, mereka sebenarnya kalah.

INDOSPORT.COM - Inter Milan masih memimpin klasemen Liga Italia Serie A mengungguli Juventus dengan poin yang sama. Padahal, dalam aturan head to head, mereka sebenarnya kalah.

Masih memimpinnya Inter Milan atas Juventus di puncak klasemen Liga Italia Serie A 2019/20 memunculkan pertanyaan. Bagaimana mereka yang memiliki poin sama bisa mengungguli Juventus, padahal dalam aturan Serie A Liga Italia, head-to-head lebih didahulukan dalam penentuan peringkat ketimbang selisih gol, total gol, dan sebagainya.

Juventus pun saat ini sebenarnya memiliki keunggulan head-to-head itu. Dalam duel Serie A pada Oktober 2019 lalu Si Nyonya Tua bisa mengungguli Inter Milan 2-1.

Jadi semestinya, selisih gol +24, hasil 39 memasukan dan 15 kemasukan milik Inter Milan tak berlaku. Meski Juventus hanya memiliki selisih gol +18, hasil 35 memasukan dan 17 kemasukan.

Sebab, dalam aturan Serie A Liga Italia 2019/20, yang menjadi tolok ukur di klasemen, urutannya adalah keunggulan poin, head-tohead, selisih gol head-to-head, selisih gol keseluruhan, dan jumlah gol memasukan. Namun kenyataan berbeda, Juventus saat ini tertahan di peringkat dua di bawah Inter Milan yang bisa mereka kalahkan.

Menjadi sebuah keanehan memang, posisi Inter Milan saat ini. Tetapi, jika mencermati aturan lainnya Serie A Liga Italia 2019/20, tidak ada yang salah saat ini.

Keunggulan head-to-head memang masih lebih diutamakan daripada selisih gol. Tetapi, hitungan keunggulan head-to-head baru bisa dihitung setelah kedua tim memainkan seluruh dua pertandingannya melawan pesaingnya.

Sehingga keunggulan Juventus terhadap Inter Milan yang baru terjadi di satu pertandingan, belum masuk hitungan. Maka, untuk saat ini, selisih gol lah yang lebih dulu menjadi penentu posisi Inter Milan dan Juventus di klasemen Liga Italia Seria A 2019/20.