In-depth

Profil Wander Luiz, Striker Asal Brasil yang Diincar Persib Bandung

Rabu, 8 Januari 2020 10:55 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
 Copyright:

INDOSPORT.COM  - Persib Bandung dikabarkan sedang mencari pengganti Ezechiel N’Douassel di bursa transfer jelang Liga 1 2020 dan rumor terbaru menyebut striker asal Brasil, Wander Luiz. Berikut profilnya.

Kontrak Ezechiel di Persib Bandung memang belum menemui kejelasan dan itu dikonfirmasi oleh Direktur PT PBB, Teddy Tjahjono saat ditemui di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Selasa (07/01/20) kemarin.

Ezechiel masih belum (diputuskan),” ucap Teddy singkat di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Selasa (07/01/20).

Sebelumnya Manajer Persib, Umuh Muchtar mengatakan jika Ezechiel ingin mundur dari tim Maung Bandung. Niatan penggawa Timnas Chad itu untuk hengkang membuat Persib harus bergerak cepat mencari penggantinya.

Rumor transfer pemain terbaru yang terdengar adalah Wander Luiz yang dikaitkan dengan Persib Bandung. Bahkan menurut situs Wikipedia, Wander Luiz sudah ‘resmi’ membela klub kesayangan Bobotoh.

Akan tetapi, hal ini tentu hanya merupakan editan dari netizen. Karena, Wikipedia adalah sebuah situs informasi yang bisa diedit oleh siapapun tanpa meminta ijin terlebih dahulu.

Sehingga, tidak heran bila di sana tercantum nama Persib Bandung, meski pun klub yang berjuluk Maung Bandung itu belum bergerak untuk merekrutnya.

Melihat betapa besarnya harapan Bobotoh agar Persib segera merealisasikan kedatangan Wander Luiz pun membuat INDOSPORT tergelitik mengulas profilnya untuk para pembaca. Simak selengkapnya di bawah ini.

Wander Luiz, Striker Brasil tapi Bersinar di Vietnam

© Fox Sports Vietnam
Wander Luiz, pemain asing Becamex Binh Duong Copyright: Fox Sports VietnamWander Luiz, pemain asing Becamex Binh Duong

Sebenarnya Wander Luiz seperti kebanyakan para pemain asal Brasil pada umumnya, yaitu memulai perjalanan karier sepak bola di klub-klub lokal negaranya. Luiz memulai kariernya di klub-klub amatir Brasil.

Bahkan tercatat oleh Transfermarkt, Wander Luiz sejak muda membela klub yang berlaga di kompetisi kasta keempat sepak bola Brasil, Serie D Brasileiro yaitu Vitoria da Conquista sejak tahun 2014 lalu.

Berselang setahun, Wander Luiz pindah ke Santa Rita, klub yang bahkan lebih kecil dari Vitoria da Conquista di tahun 2015. Sempat kembali ke Vitoria da Conquista, Luiz dilepas dan terbang sampai ke Vietnam demi melanjutkan karier sepak bola.

Klub pertama Wander Luiz di Vietnam adalah klub yang berlaga di kasta kedua, Long An FC di mana dia bergabung pada Juni 2017 lalu. Hanya setahun di Long An FC, Wander Luiz menarik perhatian klub-klub Liga 1 Vietnam.

Dia pun menerima pinangan klub Liga 1 Vietnam, Quang Nam FC di awal musim 2018. Tapi Luiz hanya membela Quang Nam dua pertandingan saja dan langsung berlabuh ke XSKT Can Tho FC di musim yang sama.

Menurut Soccerway, selama membela Can Tho FC, Luiz bermain sebanyak 22 pertandingan di Liga 1 Vietnam dengan catatan 13 gol dan satu assist. Statistik ini tentu cukup bagus, melihat jumlah pertandingan dan gol Wander Luiz.

Klub terakhirnya adalah Becamex Binh Duong, klub raksasa Liga Vietnam yang tertarik pada ketajaman Wander Luiz. Di sana, striker yang baru berusia 27 tahun itu tampil sebanyak 22 kali dengan 6 gol.

Meski catatannya di musim 2019 bersama Binh Duong tak terlalu mentereng di liga domestik, Wander Luiz tampil ganas di kompetisi level Asia, Piala AFC 2019. Dia mencetak 5 gol dari total 9 penampilan, termasuk saat menghadapi wakil Liga 1 Indonesia, PSM Makassar dan Persija Jakarta.

Ketajaman Wander Luiz tersebut sedikit menjelaskan bahwa dia adalah striker yang cukup matang baik secara pengalaman dan juga mental di kancah internasional.

Menarik untuk dilihat, apakah benar Persib Bandung akan merekrut Wander Luiz untuk menggantikan Ezechiel yang berniat hengkang di bursa transfer jelang Liga 1 2020.