Bola Internasional

Agama Islam Pengaruhi Shin Tae-yong Tentukan Pola Latihan Timnas Indonesia

Kamis, 9 Januari 2020 14:17 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Ratno Prasetyo/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memiliki tantangan baru yakni mengatur pola latihan karena banyak pemain yang beragama Islam. Copyright: © Ratno Prasetyo/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memiliki tantangan baru yakni mengatur pola latihan karena banyak pemain yang beragama Islam.

INDOSPORT.COM - Pelatih baru Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memiliki tugas berat setelah menandatangani kontrak selama empat tahun dari PSSI.

Salah satu tugas berat Shin Tae-yong adalah mengatur pola latihan Timnas Indonesia yang sebagian besar pemain beragama Islam.

Dilansir dari media Korea Selatan, Chosun Ilbo, Shin Tae-yong mengungapkan bahwa ini adalah hal baru baginya.

Perbedaan budaya menjadikannya untuk bisa memberikan toleransi kepada pemain yang akan menjalani ibadah.

Apalagi, bagi pemain yang beragama Islam, mereka pasti menjalani sholat lima waktu, dan berpuasa ketika bulan Ramadan tiba.

Karena itu, Shin Tae-yong pun menyusun pola latihan yang diharapkan tidak mengganggu ibadah para pemainnya. Plus, ia memastikan adanya nutrisi tepat yang dikonsumi Timnas Indonesia ketika harus latihan di bulan Ramadan.

"Kami akan menghormati atlet sebanyak mungkin dan mendorong atlet untuk menjadi bugar secara fisik dengan tetap memperoleh nutrisi," kata Shin Tae-yong.

Selain itu, ia juga akan dipusingkan dengan tugas berat menangani tiga Timnas Indonesia.

Selain menakhodai Timnas Indonesia senior, pelatih berusia 50 tahun tersebut juga akan menangani U-23 dan U-20.

Dalam waktu dekat ini, Shin Tae-yong akan mengawal Timnas Indonesia senior untuk melanjutkan beberapa laga sisa Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Setelah itu, ia akan mempersiapkan tim menghadapi gelaran Piala AFF 2020 dan turnamen besar Piala Dunia U-20 2021.

Shin Tae-yong sangat termotivasi bisa membuat maju sepak bola Timnas Indonesia seperti halnya Park Hang-seo yang sukses bersama Vietnam.