Liga Europa

Sevilla Jadi Tim dengan Raihan Poin Terbanyak di Liga Europa

Kamis, 9 Januari 2020 17:41 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Seville Traveller
Sevilla jadi klub yang paling banyak mengumpulkan poin di ajang Liga Europa selama satu dekade terakhir. Copyright: © Seville Traveller
Sevilla jadi klub yang paling banyak mengumpulkan poin di ajang Liga Europa selama satu dekade terakhir.

INDOSPORT.COM – Klub Liga Spanyol, Sevilla, berhasil menjadi tim dengan raihan poin terbanyak di Liga Europa dalam satu dekade terakhir ini.

Klub asal Andalusia ini berhasil mengumpulkan 136 poin dari 67 pertandingan yang mereka mainkan dalam 10 tahun terakhir di Liga Europa. Jumlah poin tersebut terpaut cukup dekat dengan Villarreal yang berada di posisi kedua dengan 128 poin dari 70 laga.

Pencapaian Sevilla di Liga Europa dalam satu dekade terakhir ini tampaknya tidak cukup mengagetkan. Pasalnya, Ever Banega dkk berhasil menjadi kampiun Liga Europa tiga musim berturut-turut dari musim 2013-2014 sampai dengan 2015-2016.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Transfermarkt (@transfermarkt_official) on

Pencapaian Sevilla di Liga Europa bahkan membuat kompetisi kasta kedua di Eropa tersebut kerap diafiliasikan dengan kompetisi milik Sevilla.

Kejayaan Sevilla di Liga Europa tersebut dimulai saat Unai Emery mengambil alih kursi kepelatihan dari tangan Jose Miguel Gonzalez Martin del Campo pada tahun 2013 yang lalu.

Setelah itu, dinasti Emery berhasil membuat Sevilla menjadi salah satu tim yang dominan di Liga Europa, dominasi yang hanya bertahan selama tiga tahun saja.

Pada tahun 2016, Emery memutuskan pindah ke Ligue 1 dan menjadi pelatih PSG. Sejak saat itu pula, Sevilla belum mampu mengulangi kesuksesan mereka di Liga Europa seperti apa yang sudah mereka tampilkan sebelumnya.