Liga Indonesia

Termasuk Eks PSM Makassar, Ini 3 Kiper Lokal Nganggur yang Bisa Dibidik Persebaya Surabaya

Kamis, 9 Januari 2020 19:40 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Arum Kusuma Dewi
© INDOSPORT
Persebaya Surabaya sepertinya bisa membidik beberapa nama kiper lokal nganggur, untuk direkrut pada masa bursa transfer jelang Liga 1 2020. Copyright: © INDOSPORT
Persebaya Surabaya sepertinya bisa membidik beberapa nama kiper lokal nganggur, untuk direkrut pada masa bursa transfer jelang Liga 1 2020.

INDOSPORT. COM - Persebaya Surabaya sepertinya bisa membidik beberapa nama kiper lokal nganggur, untuk direkrut pada masa bursa transfer jelang Liga 1 2020.

Posisi penjaga gawang utama Persebaya Surabaya belakangan memang sedang lowong. Terutama setelah Miswar Saputra memutuskan pergi dari Bajul Ijo pasca gelaran Liga 1 2019 berakhir.

Kondisi ini ternyata mendapat perhatian khusus manajemen Persebaya Surabaya. Pihak manajemen pun secara terang-terangan mengaku sedang membutuhkan kiper baru untuk mengarungi kompetisi musim depan.

“Ya, kami sudah ada beberapa kiper sebenarnya. Ada kesepakatan, tapi memang ada beberapa hal yang kami selesaikan dulu dengan yang bersangkutan,” jelas manajer Persebaya, Candra Wahyudi pada Kamis, (09/01/20).

Melihat kebutuhan Persebaya Surabaya, kebetulan di luar sana masih ada sejumlah kiper lokal yang kini masih menganggur. Salah satunya bahkan pernah menjadi andalan utama klub top Liga 1, PSM Makassar.

Andai Persebaya Surabaya berminat, beberapa kiper lokal nganggur tadi sejatinya bisa jadi opsi perekrutan. Status mereka yang belum memiliki klub, tentu memudahkan Persebaya Surabaya dalam proses perekrutan.

Lalu, siapa saja kiper lokal nganggur yang bisa dibidik Persebaya Surabaya? INDOSPORT coba merangkumnya ke dalam ulasan berikut.

Try Hamdani Goentara

Kiper yang satu ini merupakan penjaga gawang lokal jebolan akademi Sriwijaya FC. Masih berusia 26 tahun, Try Hamdani Goentara kini sedang tak memiliki klub, usai dilepas PSS Sleman pada 1 Januari 2020.

Sosok Try Hamdani Goentara sendiri musim lalu hanya menjadi kiper pelapis bagi PSS Sleman. Ia tercatat bermain tujuh kali dan menorehkan satu clean sheets.

Andai Persebaya Surabaya berminat, Try Hamdani Goentara jelas bisa menjadi opsi untuk diboyong. Status Try Hamdani Goentara yang tak memiliki klub, bisa membuat Persebaya Surabaya merekrutnya dengan label bebas transfer alias gratis.

Hery Prasetyo

Kiprah Hery Prasetyo musim lalu dihabiskan bersama klub Liga 1 2020, PSM Makassar. Sayangnya, Hery Prasetyo lebih banyak menjadi kiper pelapis lantaran hanya mencatatkan dua penampilan saja untuk Juku Eja.

Walau begitu, Hery Prasetyo tetap memiliki pengalaman bermain reguler di kompetisi Liga 1. Tepatnya pada Liga 1 2017 lalu, Hery Prasetyo yang membela Madura United, total tampil sebanyak 18 kali dan menorehkan empat kali clean sheets.

Sosok Hery Prasetyo sendiri kini sedang menganggur, usai dilepas PSM Makassar pasca gelaran Liga 1 2019 berakhir. Hery Prasetyo pun sepertinya bisa menjadi opsi bagi Persebaya Surabaya yang sedang mencari kiper baru untuk musim depan.


Rivky Mokodompit

Kiprah Rivky Mokodompit di komeptisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1, selalu dihabiskan bersama PSM Makassar. Rivky Mokodompit sejak Liga 1 2017 hingga Liga 1 2019, menjadi penjaga gawang utama PSM Makassar dengan catatan 76 penampilan dan 26 kali clean sheets.

Penampilan Rivky Mokodompit di bawah mistar gawang ternyata juga berdampak baik untuk PSM Makassar. Buktinya, pada musim Liga 1 2017 dan Liga 1 2018, Rivky selalu berhasil mengatarkan PSM Makassar mengakhiri kompetisi di tiga besar papan atas klasemen.

Sayangnya, pasca gelaran Liga 1 2019 berakhir, Rivky harus mendapati kenyataan dirinya dilepas PSM Makassar. Rivky yang masih menganggur pun, rasanya pantas apabila musim depan dijadikan sebagai kiper utama oleh Persebaya Surabaya.

Begitulah kurang lebih kandidat kiper lokal nganggur yang bisa dibidik Persebaya Surabaya. Tinggal dinanti saja, siapa sosok kiper yang sebenarnya bakal diboyong Bajul Ijo?