Liga Indonesia

Latih PSM Makassar, Bojan Hodak Akui Suporter Indonesia Lebih Baik dari Malaysia

Jumat, 10 Januari 2020 15:01 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Lanjar Wiratri
© Adriyan AdirizkyINDOSPORT
Pelatih klub Liga 1 PSM Makassar, Bojan Hodak, mengakui suporter Indonesia lebih baik dari suporter Malaysia. Copyright: © Adriyan AdirizkyINDOSPORT
Pelatih klub Liga 1 PSM Makassar, Bojan Hodak, mengakui suporter Indonesia lebih baik dari suporter Malaysia.

INDOSPORT.COM - Pelatih klub Liga 1 PSM Makassar, Bojan Hodak, mengakui suporter Indonesia lebih baik dari suporter Malaysia. Ia langsung terkesan dengan antusiasme suporter Pasukan Ramang saat menggelar latihan perdana.

Sebagaimana diketahui, pelatih sepak bola berpaspor Kroasia ini telah memulai persiapan menyongsong Liga 1 2020. Serta play-off Piala AFC 2020 melawan wakil Timor Leste, Lalenok United FC, pada 22 dan 29 Januari mendatang.

Ribuan suporter memadati tribun VIP Utara dan Selatan Stadion Andi Mattalatta, Makassar, pada latihan perdana Willjan Pluim dkk. Bahkan, kelompok suporter PSM Fans tak hentinya bersorak dari tribun terbuka selatan sepanjang sesi latihan.

"Sangat luar biasa. Bahkan banyak klub di Eropa tidak akan dijumpai hal seperti ini sekalipun dalam sebuah laga," ungkap Hodak saat ditemui setelah sesi latihan berakhir, Rabu (08/01/20).

Eks Johor Darul Takzim ini juga menyebut faktor fanatisme suporter Indonesia terkhususnya PSM menjadi alasan memilih berkarir di Kota Daeng. Sebab hal itu yang menjadi pembeda dengan Liga Malaysia sekalipun atmosfer kompetisi tidak jauh berbeda dengan Liga 1.

"Suporter di Indonesia sangat mencintai klubnya, saya merasakannya saat melatih Timnas Malaysia U-19. Sangat penting memiliki atmosfer suporter yang sangat baik," terang pelatih sepakbola berusia 48 tahun ini.

"Semua pelatih sepak bola ingin bermain di stadion yang dipadati suporter untuk merasakan atmosfer yang sangat luar biasa. Semua orang sangat senang jika bermain di dalam sebuah stadion yang terisi penuh," tambah Hodak lagi.

Bojan Hodak ditunjuk sebagai pelatih baru PSM mengarungi musim 2020 menggantikan posisi Darije Kalezic. Ia secara resmi diperkenalkan di Hotel Aryaduta, Makassar, pada Rabu siang dan dikontrak selama satu musim penuh.