Liga Italia

Eks Pelatih Inter Milan Tertarik Tukangi Timnas Berjuluk The Black Stars

Sabtu, 11 Januari 2020 12:27 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Getty Images
Hector Cuper, pelatih yang pernah menukangi klub Serie A Liga Italia, Inter Milan, kabarnya tertarik melatih Timnas berjuluk The Black Stars. Copyright: © Getty Images
Hector Cuper, pelatih yang pernah menukangi klub Serie A Liga Italia, Inter Milan, kabarnya tertarik melatih Timnas berjuluk The Black Stars.

INDOSPORT.COM - Hector Cuper, mantan pelatih raksasa Serie A Liga Italia, Inter Milan, dikabarkan tertarik melatih The Black Stars atau yang lebih dikenal dengan Timnas Ghana.

Timnas negara bagian Afrika Barat itu dikabarkan tengah mencari sosok kandidat pelatih baru setelah Asosiasi Sepak Bola Ghana (GFA) mengakhiri kontrak kerja sama dengan James Kwesi Appiah pada 31 Desember lalu.

Tentunya kabar ini menjadi angin segar bagi Hector Cuper yang mencoba mencari tantangan baru. Melalui agennya, Alejandro Camano, ia disebut sudah mengambil ancang-ancang untuk menukangi Timnas Ghana.

"Cuper saat ini sedang kosong, dia sangat siap menduduki kursi kepalatihan Timnas Ghana jika diberi kesempatan. Ghana adalah tim kuat, mereka pasti bisa meraih banyak gelar juara kelak," ujar Camano dilansir laman berita sepak bola internasional Goal.

"Cuper memiliki banyak ambisi dan impian, dia selalu bekerja seperti itu dan hidup dengan impian kala menukangi banyak tim dari negara lain seperti Mesir. Ia juga suka dengan slogan GFA yang bertuliskan 'Bawa Kembali Cinta'," tutupnya.

Potensi Hector Cuper kala melatih Inter Milan nampak tidak bisa dipandang sebelah mata. Terbukti dengan rasio kemenangan 51,82 persen, pelatih berusia 64 tahun itu sukses membuat Nerazzurri menang 57 kali dan seri 31 kali dari 110 penampilannya selama dua musim.

Tidak berhenti di situ saja, Cuper juga sudah melalang buana melatih berbagai tim besar bahkan Timnas lain seusai meninggalkan Inter Milan. Salah satu yang paling membanggakan ialah ketika ditunjuk menukangi Timnas Mesir selama tiga tahun berturut-turut.

Tentunya Hector Cuper akan menjadi kandidat kuat pelatih baru The Black Stars kelak. Nama pelatih anyar Timnas Ghana sendiri akan diumumkan jelang pertandingan internasional bulan Maret mendatang.