Bola Internasional

Suphanat Mueanta, Remaja 17 Tahun Thailand yang Jadi The Next Mbappe

Sabtu, 11 Januari 2020 03:00 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Coro Mountana
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Profil singkat Suphanat Mueanta, salah seorang remaja yang masih berusia 17 tahun asal Thailand dan digadang-gadang bakal menjadi The Next Kylian Mbappe Asia.

Nama Kylian Mbappe sendiri memang tengah menanjak dalam beberapa tahun belakang, di usia yang masih sangat muda pemain asal Prancis tersebut sudah meraih sejumlah penghargaan dan juga trofi juara.

Teranyar tentu Piala Dunia bersama Timnas Prancis yang didapat pada tahun 2018 lalu, atau juara Liga Prancis bersama Paris Saint Germain di musim lalu.

Tidak cuma di Eropa, sosok mirip Kylian Mbappe yang berhasil bersinar dan meraih banyak gelar di saat usia belum genap 25 tahun lahir di kawasan ASEAN tepatnya dalam skuat Thailand.

Adalah Suphanat Mueanta, penyerang berusia 17 tahun tersebut punya sederet prestasi yang tidak kalah mentereng ketimbang Mbappe di kawasan ASEAN.

Tercatat Suphanat Mueanta berhasil meraih gelar Thai League 1 beserta Thailand Champions Cup bersama Buriram United, selain itu ia juga menghantarkan Timnas Thailand merebut gelar Runner up Piala AFF U-16 2017.

Pada 26 Mei 2018 silam, Suphanat menjadi pencetak gol termuda dalam sejarah Thai League 1 (15 tahun 9 bulan 22 hari) saat mencetak 2 gol dalam kemenangan Buriram 5-0 atas Air Force Central.

Di musim 2019, dirinya kembali memecahkan rekor pencetak gol termuda Liga Champions Asia pada usia 16 tahun, 8 bulan dan 7 hari saat membobol gawang Beijing Guoan.

Dalam gelaran Piala Asia U-23 2020, kembali Suphanat Mueanta menjadi pencetak gol termuda setelah membantu Thailand menghancurkan Bahrain 5-0 dengan brace yang ia ciptakan.

Sederet penghargaan di level ASEAN pun pernah diraih Suphanat Mueanta, diantaranya AFF Youth Player of the Year 2019 (pemain muda terbaik tahunan), serta top skor AFC U-19 Championship qualification 2020.

Serupa dengan Kylian Mbappe, Suphanat Mueanta juga telah mendapat panggilan ke Timnas Senior dan mencatatkan tiga caps sejak 2019 lalu.

Dengan usia yang masih sangat muda bahkan lebih muda ketimbang Kylian Mbappe, menarik dinanti bagaimana kiprah Suphanat Mueanta di kedepannya. 

Mampukah ia menyamai rekor Mbappe sebagai wonderkid yang bersinar, atau malah sebaliknya Suphanat Mueanta tidak mampu membayar ekspektasi dan menjadi pemain biasa saja di masa depan bersama Thailand.