Liga Indonesia

Profil Singkat Eldar Hasanovic, Gelandang Timnas Bosnia yang Diincar Persita Tangerang

Minggu, 12 Januari 2020 23:00 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Coro Mountana
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Eldar Hasanovic, gelandang Timnas Bosnia ini kabarnya diincar klub Liga 1 2020, Persita Tangerang.

Aktivitas bursa transfer jelang Liga 1 2020 terus berlanjut. Klub promosi Persita Tangerang, kini sedang memburu legiun asing untuk memperkuat barisan tengahnya.

Isu yang berkembang menyebutkan kalau Persita Tangerang menginginkan jasa gelandang Timnas Bosnia, Eldar Hasanovic. Berdasarkan unggahan Twitter @Indostransfer, Eldar Hasanovic saat ini masih bermain untuk klub kasta tertinggi Liga Bosnia, FK Radnik Bijeljina.

Mungkin para pecinta sepak bola Tanah Air, masih kurang familiar dengan nama Eldar Hasanovic. Maklum saja, Eldar Hasanovic sepanjang kariernya memang belum pernah merumput di Indonesia.

Maka dari itu, INDOSPORT coba mengulas lebih dalam mengenai sosok Eldar Hasanovic. Berikut ulasan profil singkat Eldar Hasanovic, gelandang Timnas Bosnia yang diincar Persita Tangerang.

Awal Karier

Eldar Hasanovic mengawali kariernya bersama klub Liga Slovakia, MSK Zilina. Ia bermain di sana selama dua tahun, dari 2008 hingga 2010.

Baru setelah itu Eldar Hasanovic pulang kampung ke Bosnia. Klub Bosnia pertamanya ialah Velez Mostar yang dibelanya dari 2010 hingga 2011.

Jika ditotal, ada empat tim Liga Bosnia lainnya yang ada di perjalanan karier Eldar Hasanovic, yakni Celik Zenica, Zeljeznicar, Sloboda Tuzla, dan yang terkini, Radnik Bijelj.

Prestasi

Kiprah Eldar Hasanovic sebagai seorang gelandang, tak luput dari prestasi. Ia diketahui pernah meraih beberapa gelar bergengsi di perjalanan kariernya.

Semasa masih bermain di Liga Slovakia, Eldar Hasanovic sukses mengantarkan klubnya, MSK Zilina, menuju tangga juara. Musim 2009/10, Eldar Hasanovic membawa MSK Zilina menjuarai Liga Slovakia.

Tiga musim berselang, Eldar Hasanovic sudah menjalani karier di Liga Bosnia dan membela Zeljeznicar. Keputusan Eldar Hasanovic membela Zeljeznicar ternyata berbuah manis, sebab mampu menghasilkan satu trofi juara Liga Bosnia 2012/13.

Kala meraih juara bersama Zeljeznicar, Eldar Hasanovic tergolong cukup memiliki peran. Eldar Hasanovic tercatat bermain 11 kali, dari 30 laga yang dilakoni timnya.

© Instagram@eldarhasanovic44
Eldar Hasanovic. Copyright: Instagram@eldarhasanovic44Eldar Hasanovic.

Timnas Bosnia

Eldar Hasanovic mungkin tergolong sebagai pemain sepak bola Bosnia yang punya potensi menjanjikan. Buktinya semasa masih muda, Eldar Hasanovic mampu beberapa kali menembus skuat Timnas Bosnia.

Pada tahun 2008 hingga 2009, Eldar Hasanovic yang baru berusia 18 tahun, menjadi langganan Timnas Bosnia U-19. Transfermarkt mencatat, Eldar Hasanovic berhasil mengemas 11 penampilan bersama Timnas Bosnia U-19 dan tampil di Kualifikasi Euro U-19.

Kiprah Eldar Hasanovic di Timnas berlanjut pada tahun 2011. Usianya yang sudah menginjak 20 tahun, dipercaya untuk masuk membela Timnas Bosnia U-21 laga Kualifikasi Euro U-21.

Tepat 2 September 2011, Eldar Hasanovic tampil selama lima menit dalam laga Belarusia U-21 vs Bosnia U-21. Penampilan Eldar Hasanovic kala itu diakhiri dengan skor imbang 1-1. Melihat bakat besar dari Eldar Hasanovic, wajar rasanya bila Persita Tangerang kepincut untuk membawanya ke Liga 1 2020.