Liga Indonesia

Adu Statistik Wander Luiz, Joel Vinicius, dan Ezechiel N'Douassel, Siapa yang Jadi Andalan Persib?

Minggu, 12 Januari 2020 20:21 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Grafis:Ynt/Indosport.com
Adu statistik antara Wander Luiz, Joel Vinicius, dan Ezechiel N'Douassel, sepertinya akan bisa menggambarkan terkait sosok yang akan jadi andalan Persib Bandung di Liga 1 2020. Copyright: © Grafis:Ynt/Indosport.com
Adu statistik antara Wander Luiz, Joel Vinicius, dan Ezechiel N'Douassel, sepertinya akan bisa menggambarkan terkait sosok yang akan jadi andalan Persib Bandung di Liga 1 2020.

INDOSPORT. COM - Adu statistik antara Wander Luiz, Joel Vinicius, dan Ezechiel N'Douassel, sepertinya akan bisa menggambarkan terkait sosok yang akan jadi andalan Persib Bandung di Liga 1 2020.

Kabar menghebohkan terkait bursa transfer jelang Liga 1 2020 belakangan menyelimuti Persib Bandung. Tepat pada Minggu (12/01/20), Persib Bandung resmi mendatangkan dua pemain asing sekaligus, Wander Luiz dan Joel Vinicius.

Kedatangan Wander Luiz dan Joel Vinicius diumumkan langsung oleh Persib Bandung melalui situs resminya. Setelah merapat, Wander Luiz dan Joel Vinicius akan segera mengikuti latihan mendapat arahan dari juru taktik Persib Bandung, Robert Rene Alberts.

"Dalam beberapa hari ke depan, baik Luiz maupun Vinicius akan mendapatkan pemantauan dari tim pelatih," tulis Persib Bandung pada situs resminya.

Kalau ditelaah lebih jauh, merapatnya Luiz dan Joel sepertinya bakal berpengaruh besar terhadap isi skuat Persib Bandung. Maklum saja, keduanya sama-sama berstatus sebagai penyerang asing dan berasal dari Brasil.

Sementara Persib Bandung, hingga kini tercatat masih memiliki satu stok penyerang asing lagi, yakni Ezechiel N'Douassel. Kebijakan transfer Persib Bandung tadi pun, otomatis bakal menciptakan persaingan trio bomber asing, antara Luiz, Joel, dan Ezechiel.

Dari ketiga nama, siapa kira-kira yang bakal jadi andalan utama Persib Bandung musim depan? INDOSPORT coba merangkumnya ke dalam ulasan berikut.

Perbandingan Statistik

Luiz, Joel, dan Ezechiel, musim depan pasti akan berlomba merebut hati pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts. Ketiganya bakal saling sikut demi mendapatkan satu tempat utama di barisan lini depan.

Apalagi, pada dasarnya Robert Alberts memang merupakan tipe pelatih yang gemar memasang satu penyerang saja. Transfermarkt mencatat, musim lalu Robert Alberts lebih sering menerapkan formasi dengan satu penyerang tengah, seperti 4-3-3, 4-2-3-1, 3-4-3, dan 5-4-1.

Sebenarnya ada harapan agar ada dua jatah tempat di lini depan untuk Luiz, Joel, dan Ezechiel. Namun peluangnya kecil, sebab Robert Alberts sepanjang Liga 1 2019 hanya dua kali saja menerapkan formasi menduetkan penyerang 4-4-2.

Kalau begitu, mari menerkan soal penyerang utama Persib Bandung musim depan dari tingkat ketajaman Luiz, Joel, dan Ezechiel. Siapa dari ketiganya yang paling tajam?

Perbandingan kali ini dibuat berdasarkan performa Luiz, Joel, dan Ezechiel di musim terakhirnya masing-masing. Kabar baik, ketiganya musim lalu sama-sama berhasil mencetak dua digit gol, atau lebih dari 10 gol.

Berdasarkan data dari situs Persib Bandung, Luiz musim lalu bermain untuk klub kasta tertinggi Liga Vietnam, Becamex Binh Duong. Catatan penampilan Luiz mampu menghasilkan 11 gol dari 24 laga.

Beralih ke Joel, dirinya musim lalu berdasarkan situs Persib Bandung, bermain untuk klub Liga Vietnam juga, yakni Song Lam Nghe An FC. Kualitas ketajaman Joel yang berpostir 185 cm total membuahkan 11 gol.

Bagaimana dengan Ezechiel? Musim lalu, Ezechiel seperti yang kita ketahui bersama menjadi andalan utama lini depan Persib Bandung. Meski sempat mendapat kritikan pedas, Ezechiel tetap mampu membuktikan ketajamannya dengan total torehan 15 gol dari 26 laga.

Bila melihat segala perbandingan soal kualitas ketajaman di atas, jelas bahwa Ezechiel unggul segalanya dari Luiz dan Joel. Permasalahannya, Ezechiel kini sedang mengancam ingin mundur dari Persib Bandung, dan mungkin akan segera dilepas ke klub lain.

Apabila nanti Ezechiel jadi pergi, Persib Bandung mau tak mau harus memilih salah satu dari Luiz dan Joel. Patut dinanti, siapakah yang bakal jadi penyerang utama Persib Bandung musim depan?