Liga Indonesia

Joel Vinicius, Jebolan Juventus dari Brasil yang Diseleksi Persib Bandung

Minggu, 12 Januari 2020 12:26 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Arum Kusuma Dewi
© SLNAFC.com
Pemain asal Brasil Joel Vinicius tengah melakukan seleksi di klub Liga 1, Persib Bandung. Copyright: © SLNAFC.com
Pemain asal Brasil Joel Vinicius tengah melakukan seleksi di klub Liga 1, Persib Bandung.

INDOSPORT.COM - Pemain asal Brasil, Joel Vinicius, tengah melakukan seleksi di Persib Bandung. Ia ternyata merupakan jebolan CA Juventus.

Kedatangan Joel Vinicius ke Persib menjadi sebuah tanda tanya yang cukup besar. Pasalnya striker berusia 25 tahun ini bakal menjalani seleksi dulu.

Selain Joel Vinicius, ada pula Wander Luiz yang juga menjalani trial di Persib. Keduanya bakal dilihat gaya bermainnya oleh Robert Rene Alberts.

Bahkan Joel Vinicius dan Wander Luiz rencananya bakal masuk dalam daftar skuat Persib untuk tur pra musim Asia Challenge 2020 di Malaysia (18-21 Januari).

Tentu menjadi sebuah teka-teki tersendiri akan kedatangan Joel Vinicius. Terlebih sebelumnya striker Persib Ezechiel N'Douassel hendak ingin hengkang.

Pernyataan tersebut kabarnya disampaikan langsung oleh Ezechiel. Namun pihak manajemen Persib masih melakukan beragam cara untuk kejelasan akan hal ini.

Padahal Ezechiel diketahui masih terikat kontrak dengan Persib hingga akhir 2020. Rumor yang berembus mengatakan kalau Ezechiel ingin pindah ke Arema FC atau Barito Putera.

Jika Persib melepas Ezechiel dan merekrut Joel Vinicius dan Wander Luiz, maka Pangeran Biru sudah memenuhi kuota pemain asing (3+1) untuk Liga 1.

Andai Ezechiel tak dilepas, maka antara Joel Vinicius dan Wander Luiz yang bakal direkrut Persib. Karena Persib sudah memiliki tiga pemain asing sebelumnya.

Meski begitu tak ada salahnya untuk mengetahui profil singkat Joel Vinicius yang didatangkan Persib untuk menjalani seleksi.

Berawal dari Brasil

© news.zing.vn
Pemain asal Brasil Joel Vinicius yang sempat membela Ho Chi Minh City. Copyright: news.zing.vnPemain asal Brasil Joel Vinicius yang sempat membela Ho Chi Minh City.

Menurut data yang terlampir dari laman Transfermarkt, Joel Vinicius memulai kariernya di sebuah klub asal Brasil Diadema pada 2013 silam.

Lalu semusim berikutnya Joel hengkang ke sesama tim asal Brasil Taboao Serra pada 1 Januari hingga 1 Juli 2014 sebelum akhirnya direkrut Sao Bento (SP).

Pada 1 Januari 2015, Joel Vinicius melanjutkan perjalanan kariernya dengan menerima pinangan Osasco SP dan membuat satu gold ari 13 laga. Lalu kembali hengkang pada 1 September 2015.

Bahkan di 1 Januari 2016, Joel Vinicius pun sempat membela CA Juventus dan bertahan setengah musim saja karena pada awal Juni dirinya pindah ke Paranavai.

Joel Vinicius pun kembali pindah dengan menerima tawaran dari Osasco FC. Kendati begitu tak diketahui dengan pasti berapa kali Joel mencetak gol dan assist.

Terdampar di Asia Tenggara

© baomoi.com
Pemain asal Brasil Joel Vinicius (kanan) yang sempat membela Song Lam Nghe An. Copyright: baomoi.comPemain asal Brasil Joel Vinicius (kanan) yang sempat membela Song Lam Nghe An.

Joel Vinicius sempat bermain di kawasan Asia Tenggara. Hal itu terjadi sangat singkat tepatnya pada akhir-akhir 2015 silam.

Saat itu Joel Vinicius menerima pinangan klub asal Filipina bernama Frydek-Mistek. Menurut Transfermarkt, Joel dikontrak sejak September 2015 hingga Januari 2016.

Lalu berdasarkan Soccerway, striker dengan tinggi 185 cm ini hanya bermain enam kali saja tanpa bisa membukukan satu gol dan assist.

Kemudian Joel kembali membuka lembaran tak biasa pasca menerima pinangan klub asal Vietnam Than Quang Ninh FC pada 4 Maret 2018 lalu.

Berdasarkan data Soccerway, calon pemain Persib ini sukses membuat sembilan gol dari 21 pertandingan dan sempat menerima satu kartu kuning.

Lalu di awal 2019, Joel menerima tawaran dari Ho Chi Minh City. Dirinya membukukan enam gol dari 12 pertandingan saja karena kembali pindah di pertengahan tahun.

Song Lam Nghe An pun pernah memakai jasa Joel Vinicius dalam enam bulan saja. Striker kelahiran Sao Paolo itu pun bisa membuat lima gol dari 11 laga.

Kini Joel Vinicius dihadapkan dengan tantangan yang lebih berat. Karena Persib hanya mau merekrut pemain dengan kapasitas sesuai standar tinggi mereka.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
33%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
33%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
33%