Liga Indonesia

5 Pemain Muda PSIS Semarang U-20 Promosi, Begini Komentar M. Ridwan

Rabu, 15 Januari 2020 12:57 WIB
Penulis: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih PSIS Semarang U-20, Muhammad Ridwan. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih PSIS Semarang U-20, Muhammad Ridwan.

INDOSPORT.COM – Lima pemain PSIS Semarang U-20 resmi promosi ke tim senior untuk menghadapi kompetisi Liga 1 2020. Hal ini telah diumumkan melalui laman Instagram resmi @psisofficial, Selasa (14/1/2020) siang.

Adapun kelima pemain Laskar Mahesa Jenar muda yang berhak bergabung dengan Hari Nur Yulianto dan kawan-kawan adalah Eka Febri, Yoga Adiatama, Aqsha Prawira, Damas Damarjati, dan Riski Fajar Saputra.

Dari daftar lima pemain ini, tercatat hanya Riski Fajar yang baru pertama kali bergabung dengan tim PSIS senior. Sementara empat pemain lainnya sudah sering turut berlatih bersama dengan tim senior saat masih di Magelang.

Kelima pemain ini sebelumnya merupakan pilar PSIS U-20 di bawah asuhan pelatih kepala Muhammad Ridwan. Sebagai pelatih yang pernah menangani kelima pemain tersebut, mantan pemain Persib Bandung ini punya penilaian tersendiri tentang promosinya lima pemainnya.

“Saya kira mereka sangat-sangat layak untuk berada di tim PSIS senior, jadi dengan segala keterbatasannya mereka-mereka ini juga pemain muda dan butuh jam terbang serta penalaman berlatih dengan tim senior. Dengan kemampuan mereka, sekali lagi mereka sangat layak,” ujar M. Ridwan kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT.

M. Ridwan juga menilai bahwa kelima anak asuhnya juga akan merasakan tantangan yang berbeda karena telah naik satu level untuk menjadi seorang pesepak bola profesional.

Pelatih berusia 39 tahun ini juga memiliki pesan khusus untuk Eka, Yoga, Aqsha, Damas, dan Riski yang berpeluang mendapatkan menit bermain di PSIS senior di bawah asuhan Dragan Djukanovic.

“Saya berharap mereka cepat beradaptasi dengan pola latihan lalu apa yang diinginkan tim pelatih di PSIS senior sehingga mereka akan bisa lebih berkembang lagi,” harapnya.

Tak hanya memiliki pesan khusus, M. Ridwan juga menggaris bawahi bahwa banyaknya pemain PSIS U-20 yang promosi ke tim senior merupakan wujud keseriusan tim asal Ibukota Jawa Tengah tersebut dalam menumbuhkan bibit-bibit muda pemain sepak bola Indonesia.

“Ini wujud keseriusan PSIS untuk melakukan pembinaan di akademi sehingga muaranya jelas bahwa akademi kawah candradimuka untuk cikal bakal di tim senior, jadi di tahun ini total ada delapan pemain akademi yang naik ke senior. Itu yang menjadi catatan keberhasilan PSIS Elite Pro Academy,” pungkas M. Ridwan.

Di Liga 1 2020, PSIS nampaknya memang berpeluang menampilkan pemain-pemain mudanya karena selain lima pemain dari tim U-20, PSIS juga baru saja mempromosikan tiga pemain U-18 untuk bergabung dengan tim senior.