In-depth

Incar Striker Asing dari Persela, Tira Persikabo Tidak Kapok?

Rabu, 15 Januari 2020 14:20 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Bursa transfer pemain jelang Liga 1 2020 makin memanas, dengan kabar terbaru Tira Persikabo disebut sudah sepakat bakal memakai jasa eks striker Persela Lamongan, Alex dos Santos Goncalves.

Eks bomber Persela Lamongan, Alex Goncalves, saat ini banyak diburu oleh tim kontestan Liga 1 2020. Mereka ingin tanda tangan pemain asal Brasil lantaran performanya yang bagus selama membela Laskar Joko Tingkir.

Nah, salah satu tim yang santer dikabarkan berminat mendatangkan Alex adalah Tira Persikabo. Mendengar kabar ini, agen Alex Goncalves, Aggy Eka Ressy mengatakan jika proses negoisasi terus berjalan.

"Belum 100 persen, masih 50:50 persen. Tidak hanya tim itu (Tira Persikabo) saja yang ingin. Semua tim tengah bernegoisasi dengan Alex," kata Aggy kepada awak berita olahraga INDOSPORT.

Tapi tanggapan sedikit berbeda dari Direktur Pengembangan Bisnis Tira Persikabo, Rhendie Arindra beberapa waktu lalu. Dia mengatakan 3 pemain asing termasuk Alex dos Santos sudah 95 persen gabung ke Tira Persikabo.

Dua nama lain adalah Artyom Filiposyan dan Petteri Pennanen yang memang sudah diresmikan baru-baru ini. Dan satu lagi kabar kuat mengarah pada nama Alex dos Santos Goncalves.

Jika memang benar tengah menjalin negosiasi dengan pihak Alex Goncalves untuk mengarungi Liga 1 2020, satu pertanyaan yang muncul adalah apakah Tira Persikabo tidak kapok mendatangkan striker asing yang moncer dari Persela Lamongan?

  • Tira Persikabo Harus Lihat Loris Arnaud

Seperti yang kita ketahui pada bursa transfer pemain jelang Liga 1 2019 lalu, Tira Persikabo juga sangat royal dalam mempersiapkan tim mereka. Tak tanggung-tanggung, striker asing asal Prancis milik Persela, Loris Arnaud diboyong.

Wajar jika Tira Persikabo terpikat pada Loris Arnaud yang memang tampil impresif bersama Persela Lamongan di Liga 1 2018. Bahkan bukan hanya Tira Persikabo, tapi juga beberapa klub besar Liga 1 yang tertarik atas jasanya.

Sebut saja Persebaya Surabaya dan Persib Bandung yang mengincar Loris Arnaud. Namun Tira Persikabo yang berhasil memenangkan perburuan tanda tangan striker yang pernah membela Paris Saint-Germain.

Loris Arnaud mengemas 15 gol dari 29 pertandingan bersama Persela Lamongan di Liga 1 2018. Dari 15 gol itu, Loris juga berhasil membukukan 4 kali brace (dua gol dalam satu pertandingan) di musim perdananya mencicipi sepak bola Indonesia.

Loris Arnaud punya spesialisasi dalam gol sundulan. Ia tercatat menjadi pemain pertama di Liga 1 2018 yang mencatatkan brace melalui sundulan dalam dua pertandingan berturut-turut.

Selain itu, Loris Arnaud juga menjadi salah satu pencetak gol sundulan terbanyak di Liga 1 2018. Hal itu tidak lepas dari tipikal bermain Loris Arnaud yang lebih mengedepankan positioning ketimbang kecepatan lari.

Selain diandalkan Persela Lamongan dalam mencetak gol, Loris juga cukup rajin dengan mencatat 7 assists di Liga 1 2018. Statistik ini cukup mentereng untuk seorang target man.

  • Loris Arnaud Mengecewakan di Tira Persikabo
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Loris Arnaud (kanan) melancarkan tendangan ke gawang Bali United. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTLoris Arnaud (kanan) melancarkan tendangan ke gawang Bali United.

Tapi semua statistik gemilang yang ditorehkan Loris Arnaud di Persela sepanjang Liga 1 2018 tak dapat diduplikasi saat berseragam Tira Persikabo di musim 2019. Harusnya tim berjuluk The Army itu kapok memboyong pemain debutan yang moncer di musim perdana, apalagi sama-sama dari Persela.

Ya, Loris bisa dibilang mengecewakan dengan catatan 7 gol dan 2 assists dari 21 penampilannya di Liga 1 2019. Bahkan dia hanya mampu cetak 1 gol dari 4 penampilan untuk Tira Persikabo di Piala Presiden 2019.

Jarang mencetak gol, Loris Arnaud malah terbilang banyak mengoleksi kartu kuning untuk seorang striker. Sebanyak 3 kartu kuning, membuat dirinya pernah sekali absen membela The Army pada pekan ke-20 karena akumulasi kartu.

Bahkan usai kembali bermain dari sanksi akumulasi kartu kuning, Loris hanya memainkan 3 pertandingan secara beruntun sebelum mendapatkan cedera di laga menghadapi Bhayangkara FC. Baru main 18 menit, Loris Arnaud harus ditandu keluar lapangan karena cedera tersebut.

Menurut keterangan yang dilansir dari situs resmi Liga Indonesia, Loris mengalami cedera yang cukup parah yakni Tendon Achilles. Cedera ini menyerang tali fibrosa yang sangat kuat di mana berfungsi menghubungkan otot-otot di belakang betis hingga ke tumit.

Cedera Tendon Achilles memang terkenal menakutkan untuk para pemain sepak bola di seluruh dunia. Karena waktu yang dibutuhkan untuk pulih bisa 5 sampai 6 bulan, dan Rahmad Darmawan yang saat itu masih melatih Tira Persikabo juga mengkonfirmasi hal serupa.

"Loris baru saja selesai operasi. Karena achiles dia tendonnya itu putus, dia absen sampai enam bulan ke depan," ucap RD dilansir dari laman Liga Indonesia.

Sudah jarang mencetak gol ditambah cedera yang membuatnya absen sejak pekan ke-24 hingga akhir musim Liga 1 2019, Tira Persikabo harusnya berpikir dua kali jika ingin mendatangkan Alex dos Santos Goncalves.

Striker asing asal Brasil yang tampil moncer di musim perdananya di Liga 1 2019 bersama Persela Lamongan. Karena Alex Goncalves juga terbilang moncer bersama Persela di sepanjang musim lalu.

Bagaimana tidak, Alex Goncalves mampu mencatatkan 17 gol dan 5 assists dari total 29 penampilannya bersama Persela Lamongan. Bahkan dia langsung mencetak gol perdananya di laga debut saat pekan pembuka Liga 1 2019 menghadapi Madura United.

Statistik tersebut tambah mentereng jika mengetahui Alex Goncalves mencatat tiga brace dan dua hat-trick. Punya penampilan moncer, bukan hanya Tira Persikabo yang menginginkan Alex Goncalves.

Usai Liga 1 2019 berakhir, Alex Goncalves diketahui banjir tawaran baik itu dari klub-klub Liga Indonesia (termasuk Tira Persikabo dan Persib Bandung) dan juga ada tawaran dari Liga Malaysia.

Tapi jika tetap berusaha dan akhirnya nanti mendapatkan Alex dos Santos Goncalves di bursa transfer pemain jelang Liga 1 2020, artinya Tira Persikabo memang tidak kapok dengan penampilan mengecewakan Loris Arnaud. Laskar Padjadjaran harus benar-benar waspada.