In-depth

Aroma Brasil, Asia hingga Eropa, Skuat Tira Persikabo Sungguh Mengerikan!

Rabu, 15 Januari 2020 11:47 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© EFE
Winger Tira Persikabo di Liga 1 2020, Ciro Alves pernah memperkuat Brasil di Piala Dunia U-20 2009 silam. Copyright: © EFE
Winger Tira Persikabo di Liga 1 2020, Ciro Alves pernah memperkuat Brasil di Piala Dunia U-20 2009 silam.

INDOSPORT.COM - Aroma kental Timnas Brasil, Asia hingga Eropa tercium ketika membahas lini serang Tira Persikabo menyongsong Liga 1 2020 dan itu benar-benar mengerikan. Berikut ulasannya.

Tira Persikabo memang benar-benar getol di bursa transfer pemain dalam mempersiapkan skuatnya untuk mengarungi Liga 1 2020 dengan nahkoda anyar mereka yang datang di akhir musim lalu, yakni pelatih asal Belarusia, Igor Kriushenko.

Kabar terakhir tentang rumor transfer pemain Tira Persikabo diumumkan secara resmi oleh akun Instagram klub, bahwa mereka resmi mendatangkan eks gelandang Timnas Finlandia, Petteri Pennanen.

"Wilujeng enjing lur! Sudah datang, cik saha?" tulis akun resmi Tira Persikabo, Selasa (14/01/20) kemarin sore WIB.

Sebelum meresmikan Petteri Pennanen beberapa hari lalu, Tira Persikabo bahkan sudah membocorkan tiga pemain asing yang akan direkrut. Salah satunya memang eks gelandang Timnas Finlandia tersebut.

"Kami memang sedang mencari pemain berkualitas. Ketiga pemain baru yang disebutkan hampir 95 persen bergabung ke Tira Persikabo untuk musim depan," kata Direktur Pengembangan Bisnis Tira Persikabo, Rhendie Arindra saat dihubungi, Jumat (03/01/20) lalu.

Dua nama lain selain Pennanen yang dimaksud adalah bek asal Uzbekistan, Artyom Filiposyan dan striker asing asal Brasil, Alex dos Santos Goncalves yang musim lalu membela Persela Lamongan.

Satu dari ketiga pemain asing yang dikabarkan sudah 95 persen itu, yakni Petteri Pennanen sudah resmi. Sekarang, tersisa dua pemain asing di atas yang tinggal menunggu kabar diresmikan.

Dan jika itu terjadi, tentu saja komposisi pemain asing Tira Persikabo di Liga 1 2020 berarti sudah penuh. Karena mereka juga sudah memastikan satu slot asing untuk winger asal Brasil, Ciro Alves yang tampil impresif di Liga 1 2019 lalu.

Dengan komposisi pemain asing yang sudah penuh dan dipastikan siapa saja, tentu ini jadi kelebihan Tira Persikabo. Mereka bisa fokus mempersiapkan tim untuk mengarungi Liga 1 2020 dengan lini serang yang sungguh mengerikan karena semuanya berlabel tim nasional, dari Brasil, Asia hingga Eropa.

Tira Persikabo Diperkuat Pemain Label Timnas dari Asia hingga Eropa

© kups.fi
Pesepak bola asal Finlandia, Petteri Pennanen. Copyright: kups.fiPesepak bola asal Finlandia, Petteri Pennanen.

Ya, mari kita bahas satu per satu keempat pemain asing yang tiga di antaranya sudah resmi bergabung ke Tira Persikabo dan dua lagi masih dalam proses negosiasi tapi akan segera rampung.

Yang sudah bergabung adalah Artyom Filiposyan, Petteri Pennanen dan juga Ciro Alves yang tetap bertahan. Sementara Alex dos Santos Goncalves sejauh ini masih ada di Brasil menghabiskan waktu liburan bersama keluarganya.

Mulai dari Artyom Filiposyan yang akan mengisi slot asing untuk lini pertahanan. Dia punya posisi asli bek tengah dan punya pengalaman panjang mentas di berbagai kompetisi Asia, juga tentunya berlabel tim nasional.

Filiposyan ternyata cukup sering dipanggil oleh Timnas Uzbekistan senior saat usia emasnya sebagai pemain sepak bola. Dengan total 12 pertandingan di semua ajang internasional, termasuk Kualifikasi Piala Dunia 2014 dan Kualifikasi Piala Asia 2015 lalu.

Selain label tim nasional, Filiposyan juga sudah melanglang buana di berbagai kompetisi sepak bola Asia di level klub. Sebagian besar dia tampil di kompetisi kasta teratas Uzbekistan, pernah mencoba Liga Super China hingga terakhir mencicipi Thai League bersama PT Prachuap FC musim lalu.

Selanjutnya adalah Petteri Pennanen, gelandang berpengalaman asing asal Finlandia yang sama sekali belum pernah mencicipi sepak bola Asia. Tapi kiprahnya selama ini memang sangat menggoda banyak klub Asia, Tira Persikabo salah satunya.

Apalagi kiprahnya di klub terakhir yakni Kuopion Palloseura yang berlaga di kasta teratas sepak bola Finlandia. Bahkan pada musim 2019, Pennanen tampil bersama klubnya di Kualifikasi Liga Europa 2019 menghadapi Vitebsk (Belarusia) dan Legia Warszawa (Polandia).

Petteri Pennanen memang punya label Timnas Finlandia, namun dirinya belum mencicipi tim senior, hanya kelompok umur saja. Mulai dari Finlandia U-17, dimana Pennanen membuat 14 penampilan tanpa satupun gol di semua ajang. Kemudian naik ke Finlandia U-18.

Bersama Finlandia U-18, Pennanen hanya membuat 12 penampilan saja. Ketika tampil di Finlandia U-19, pemain 29 tahun itu membukukan lima laga saja.

Terakhir, Pennanen juga membuat 10 penampilan saja bersama Finlandia U-21, baik itu laga uji coba ataupun ajang Kualifikasi Euro U-21 2012 silam.

Meski masih kategori umur, dipanggil ke tim nasional yang juga berasal dari Eropa, sudah sangat jelas kelasnya beda dengan negara-negara Asia termasuk Indonesia. Ini membuat pertahanan dan juga lini tengah Tira Persikabo bakal kokoh di Liga 1 musim depan.

Aroma Brasil Juga Menghiasi Skuat Tira Persikabo

© Instagram/@cirooficial
Selebrasi winger TIRA-Persikabo Ciro Alves. Foto: Instagram/@cirooficial Copyright: Instagram/@cirooficialAroma Brasil Juga Menghiasi Skuat Tira Persikabo, salah satunya adalah Ciro Alves

Dua pemain asing terakhir di antaranya adalah Ciro Alves yang resmi dipertahankan karena penampilan gemilang bersama Tira Persikabo. Kepastian Ciro bertahan bahkan sudah diakui sang agen sebelum pergantian tahun.

"Ya, dipastikan Ciro bertahan bersama Tira Persikabo untuk musim depan," ucap Fabio Barbosa, agen Ciro Alves kepada INDOSPORT (25/12/19).

Meski Liga 1 2019 adalah musim perdananya mencicipi atmosfer sepak bola Indonesia, Ciro Alves tetap tampil mempesona. Kecepatan dan skill winger kanan berusia 30 tahun itu mencatatkan 14 gol dan 10 assists dari 32 penampilannya untuk Tira Persikabo.

Bahkan berkat penampilannya itu, di tiga laga terakhir Tira Persikabo di Liga 1 2019, Ciro Alves memakai ban kapten di lengannya. Di mana itu merupakan tiga laga perdana pelatih anyar mereka, Igor Kriushenko.

Sama seperti Filiposyan dan Pennanen, Ciro Alves juga punya pengalaman dipanggil tim nasional negaranya, yaitu Timnas Brasil. Meski masih kategori umur, Ciro Alves tampil untuk Timnas Brasil U-20 di Piala Dunia U-20 pada tahun 2009 silam.

Di Piala Dunia U-20 2009 itu, Ciro Alves tampil sebanyak 2 kali dan mencetak satu gol. Bermodalkan pengalaman main di level internasional seperti Piala Dunia dan banyak bermain di kasta teratas sepak bola Brasil, Ciro Alves membuat lini serang Tira Persikabo makin mengerikan.

Belum lagi menurut keterangan Direktur Pengembangan Bisnis Tira Persikabo, Rhendie Arindra, Alex dos Santos Goncalves hampir dipastikan bergabung. Alex dos Santos juga merupakan pemain berpengalaman di kasta tertinggi Liga Brasil.

Dia pernah bermain untuk klub bersejarah Brasil, SC Internacional yang jebolan akademiknya para pemain terkenal seperti Alexandre Pato, Luis Adriano hingga Alisson. Alex dos Santos Goncalves juga membuktikan ketajamannya bersama Persela Lamongan di Liga 1 2019 lalu.

Dengan 17 gol dan 5 assists dari total 29 penampilan di Liga 1 2019, Alex dos Santos punya peran cukup penting membantu Persela Lamongan terhindar dari jeratan degradasi.

Sangat jelas sekali dengan 4 pemain dari Brasil, Asia hingga Eropa membuat komposisi legiun asing Tira Persikabo terlihat sangat mengerikan. Klub-klub peserta Liga 1 lainnya harus benar-benar mewaspadai Tira Persikabo.

IDS Emoticon Suka
Suka
33%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
67%