Liga Champions

Meski Kini Payah, Manchester United Sempat Cetak Rekor Keren di Liga Champions

Rabu, 15 Januari 2020 18:10 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasao | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Getty Images
Manchester United pernah mencetak beberapa catatan keren di ajang Liga Champions. Copyright: © Getty Images
Manchester United pernah mencetak beberapa catatan keren di ajang Liga Champions.

INDOSPORT.COM - Manchester United mungkin saja dianggap gagal musim ini, akan tetapi siapa sangka mereka sudah sempat mencatatkan rekor di sepanjang sejarah Liga Champions.

Dilansir laman resmi UEFA, Manchester United mampu mencetak torehan kesuksesan laga tandang terbanyak dan total keseluruhan laga tanpa kalah sama sekali.

Setan Merah mendapat predikat yang tersukses dalam pertandingan tandang terbanyak tanpa kekalahan dengan jumlah 16 kali. Torehan itu mereka catatkan dalam kurun waktu tiga tahun terhitung dari 19 September 2007 s.d. 16 Februari 2010.

Torehan ini belum seberapa dibandingkan catatan kesuksesan laga home dan away Liga Champions tanpa kekalahan di mana mereka berhasil mencapai angka 25 dan menempati peringkat pertama, dalam kurun waktu dua tahun, tercatat dari 19 September 2007 s.d. 5 Mei 2009.

Catatan ini bahkan melebihi Barcelona yang hanya mampu menang dan imbang 16 kali, dan Bayern Munchen yang hanya bisa 19 kali saja. Tidak hanya itu, Manchester United juga memiliki catatan apik lainnya di kompetisi sepak bola terbesar seantero Eropa tersebut.

Manchester United mencatatkan torehan 12 kali kemenangan kandang selama 13 September 2006 s.d 29 April 2008 dan menduduki peringkat ketiga. Sementara pada kemenangan tandang, mereka ada di urutan keempat dengan mencetak enam kali hasil manis pada periode 15 April 2009 s.d. 16 Februari 2010.

Rekor itu sendiri sebagian besar ditorehkan Manchester United setidaknya satu dekade lalu kala kepelatihan masih di bawah kendali Sir Alex Ferguson. Pada masa tersebut, Setan Merah memang sedang dalam masa jayanya hingga mampu meraih banyak gelar bergengsi.

Lain dulu lain sekarang, sayang kini Manchester United cukup sulit kembali menorehkan rekor terbaik di Liga Champions. Usai pensiunnya Ferguson, tim yang bermarkas di Old Trafford tersebut gagal bangkit layaknya pada masa-masa keemasan terdahulu.

Musim ini saja mereka hanya bisa bersaing di gelaran Liga Europa, tetapi tidak menutup kemungkinan skuat yang kali ini diasuh Ole Gunnar Solskjaer bisa kembali mencetak sejarah layaknya Ferguson di gelaran Liga Champions lainnya. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
100%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%