Liga Champions

Didominasi Liverpool, Berikut Starting XI Terbaik Liga Champions Pilihan Fans

Kamis, 16 Januari 2020 12:37 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Jörg Schüler/Getty Images
Berikut tersaji susunan starting XI terbaik Liga Champions musim lalu (2018-2019) berdasarkan voting lebih dari dua juta fans di seluruh dunia. Copyright: © Jörg Schüler/Getty Images
Berikut tersaji susunan starting XI terbaik Liga Champions musim lalu (2018-2019) berdasarkan voting lebih dari dua juta fans di seluruh dunia.

INDOSPORT.COM - Berikut tersaji susunan starting XI terbaik Liga Champions musim lalu (2018-2019) berdasarkan voting sebanyak lebih dari dua juta fans di seluruh dunia, yang ternyata didominasi oleh pemain sepak bola Liverpool.

Pada Liga Champions 2018/19, Liverpool memang sukses menampilkan performa yang luar biasa. Bukan saja mereka bisa melakukan comeback atas Barcelona di semifinal dengan agregat 4-3, tapi juga berhasil mengangkat trofi juara Liga Champions setelah menaklukkan Tottenham Hotspur dengan skor 2-0.

Melansir dari laman portal berita olahraga Give Me Sport, sebanyak lebih dari dua juta fans di seluruh dunia memberikan suara mereka tentang siapa saja pemain terbaik untuk digabung dan dijadikan starting XI Liga Champions musim lalu. Dari 11 pemain tersebut, ternyata didominasi oleh para bintang dari Liverpool atau The Reds.

1. Alisson Becker

Alisson Becker sukses mencetak clean sheets di leg kedua semifinal Liga Champions, setelah mereka mengalahkan Barcelona dengan skor telak 4-0 di Anfield. Ia juga hanya kebobolan 12 gol dari 13 laga.

2. Trent Alexander-Arnold

Alexander-Arnold mampu menyumbang tiga assist dari 11 pertandingan kancah Eropa. Salah satu aksi yang paling memorable adalah saat melawan Barcelona. Setelah hari itu, ia menjadi salah satu bek kanan terbaik di Eropa.

3. Matthijs de Ligt

Saat masih berseragam Ajax Amsterdam musim lalu, De Ligt tampil sangat menawan, sampai-sampai membuat Juventus ingin merekrutnya. Ia juga mampu menampilkan performa yang sangat baik di semifinal meskipun Ajax akhirnya tersingkir dari Tottenham Hotspur.

4. Virgil van Dijk

Bukan hal yang mengejutkan jika Van Dijk masuk dalam daftar ini. Ia telah menjadi salah satu pemain terbaik yang dimiliki Liverpool, baik di Liga Champions, maupun di Liga Inggris. Pasalnya, selain bertahan, ia juga aktif dalam menyumbang assist.

5. Andy Robertson

Bersama Alexander-Arnold, ia juga beberapa kali mencetak assist bersama Liverpool. Sehingga, klub yang berjuluk The Reds itu terus mengandalkannya sampai saat ini untuk menjaga lini belakang mereka.

6. Frenkie de Jong

De Jong juga mampu tampil bersinar bersama Ajax Amsterdam. Karena hal itu, Barcelona akhirnya merekrutnya di musim lalu. Ia juga turut membantu raksasa Eredivisie Belanda itu ke semifinal Liga Champions

7. Kevin de Bruyne

De Bruyne merupakan salah satu pemain kunci yang dimiliki Manchester City. Dengan adanya dirinya di dalam skuat Pep Guardiola, The Citizen sukses menjadi juara Liga Inggris 2018/19.

8. Sadio Mane

Bersama Mohamed Salah, Sadio Mane selalu menjadi andalan di lini serang Liverpool. Bahkan, banyak yang meyakini bahwa pemain asal Senegal itu lebih baik dari Salah.

9. Lionel Messi

Bukan hal yang mengejutkan jika Lionel Messi masuk ke dalam daftar ini. Striker asal Argentina sekaligus kapten dari Barcelona itu mampu mencetak gol lebih banyak dari pemain lain (12 gol) pada musim lalu.

10. Cristiano Ronaldo

Liga Champions 2018/19 merupakan kompetisi Eropa pertama yang diikuti Cristiano Ronaldo setelah berseragam Juventus. Namun, ia gagal mengantar klub Serie A Liga Italia itu untuk berjaya di perhelatan tersebut.

11. Robert Lewandowski

Meskipun sudah kepala tiga, Lewandowski ternyata masih tetap beringas jika sudah di depan gawang lawan, sama seperti Messi dan Ronaldo. Itulah alasan kenapa Bayern Munchen masih mempertahankannya sampai saat ini.

Itulah starting XI berdasarkan vote lebih dari dua juta fans di seluruh dunia. Para pemain Liverpool bisa mendominasi, karena klub sepak bola Liga Inggris tersebut memang tampil memukau, bahkan sampai musim ini, di mana mereka tetap kokoh di puncak klasemen di kancah domestik ataupun di Liga Champions.