Liga Inggris

Hanya dalam Waktu Singkat, Jurgen Klopp Sukses Mengubah Liverpool

Jumat, 17 Januari 2020 17:01 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Getty Images
Jurgen Klopp, pelatih klub Liga Inggris, Liverpool, yang sukses 'menyulap' pemain biasa saja menjadi bintang. Copyright: © Getty Images
Jurgen Klopp, pelatih klub Liga Inggris, Liverpool, yang sukses 'menyulap' pemain biasa saja menjadi bintang.

INDOSPORT.COMJamie Carragher merasa Jurgen Klopp layak diberikan pujian setinggi langit atas kemampuannya mengubah beberapa pemain yang biasa saja menjadi bintang sejak kedatangannya ke klub Liga Inggris, Liverpool, empat tahun lalu.

Liverpool tidak membeli pemain bintang, tetapi kita membuat mereka menjadi bintang. Hal itu kembali terlihat dan semakin terlihat sejak kedatangan Klopp ke Anfield,” ujar Jamie Carragher, dikutip dari Mirror.

Hal tersebut terbukti dari statistik yang menunjukkan skuat The Reds hanya bernilai sebesar 360 juta poundsterling (Rp6,4 trilun) sebelum kedatangan maestro taktik asal Jerman tersebut.

Harga skuat Liverpool kemudian melonjak drastis ke angka 1,83 miliar poundsterling (Rp32,65 triliun) pada tahun 2019 lalu atau tiga tahun sejak kedatangan Jurgen Klopp ke Liga Inggris untuk melatih Liverpool.

Lonjakan sebesar 500 persen tersebut berhasil dibuat oleh Klopp dengan rata-rata dana transfer sebesar 80 hingga 90 juta poundsterling (Rp1,4-1,6 triliun) yang dia habiskan setiap musimnya, jumlah dana yang cukup kecil untuk bisa membuat skuat mahal.

Mohamed Salah adalah contoh pemain Liverpool yang didatangkan dengan harga relatif murah yang saat ini berhasil melonjak hingga 400 persen. Didatangkan dengan banderol 38 juta poundsterling (Rp678 miliar), Salah saat ini bernilai 150 sampai 200 juta poundsterling (Rp2,6-3,5 triliun).

Menarik untuk ditunggu bagaimana Jurgen Klopp mampu mengubah Takumi Minamino yang baru saja didatangkan dari RB Salzburg dan banyak mendapatkan cibiran dari banyak pihak.

Jika Minamino bisa menjadi salah satu bintang Liverpool yang mempunyai banderol selangit, kemampuan Klopp untuk mengubah garis nasib pesepak bola tentunya tidak perlu diragukan lagi.