Liga Italia

Kalah Lagi di Serie A Liga Italia, Gattuso Beberkan 3 Titik Lemah Napoli

Minggu, 19 Januari 2020 07:58 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Nicolo Campo/GettyImages/StickPNG
Pelatih klub Serie A Italia Napoli, Gennaro Gattuso, membeberkan tiga titik lemah yang dimiliki timnya setelah mereka menelan kekalahan atas Fiorentina. Copyright: © Nicolo Campo/GettyImages/StickPNG
Pelatih klub Serie A Italia Napoli, Gennaro Gattuso, membeberkan tiga titik lemah yang dimiliki timnya setelah mereka menelan kekalahan atas Fiorentina.

INDOSPORT.COM - Pelatih sepak bola Napoli, Gennaro Gattuso, membeberkan tiga titik lemah yang dimiliki timnya setelah mereka menelan kekalahan atas Fiorentina di Serie A Liga Italia 2019-2020.

Pada Minggu, 19 Januari 2020, Napoli menjamu Fiorentina di Stadion San Paolo di pekan ke-20 kompetisi Serie A Liga Italia. Bermain di kandang sendiri, mereka menelan kekalahan 0-2 dari La Viola melalui gol Federico Chiesa di menit ke-26 dan Dusan Vlahovic di menit ke-74.

Secara statistik, klub yang berjuluk Gli Azzurri itu memang sedikit lebih buruk dibanding lawannya. Mereka hanya melakukan empat kali shots on target (Fiorentina enam tembakan).

Kekalahan ini membuat klub yang dilatih Gennaro Gattuso itu merosot ke peringkat 13 di klasemen sementara dengan torehan 24 poin, hasil dari enam kali menang, enam kali imbang, dan delapan kali kalah. Ini adalah kekalahan beruntun ke-3 mereka. Sementara itu, La Viola berada di posisi 12 dengan total poin yang sama dengan mereka, yaitu 24.

Prihatin dengan situasi mereka itu, Gattuso akhirnya sepakat untuk melakukan 'training retreat' atau latihan yang bertujuan untuk merenungkan, merefleksi, dan membangun kembali mental, jiwa, dan kesadaran para pemain dari semua pertandingan yang telah dijalani selama ini.

"Saya telah berbicara dengan tim dan mereka telah sepakat untuk melakukan 'training retreat' mulai malam ini. Ini adalah keputusan mereka. Kami benar-benar tidak bisa menyepelekan detail. Kami harus duduk bersama, merefleksi diri, dan mencoba untuk menyatukan jiwa dan pikiran," ujar Gattuso seperti dilansir dari laman portal berita olahraga Football Italia.

"Kami harus mencari solusi bersama. Karena, apa yang kami punya saat ini masih belum cukup. Ini bukan cuma soal teknis dan taktik yang bermasalah, tapi juga mental. Saya telah bermain dengan beragam jenis pemain, tapi saya selalu berjuang keras di lapangan untuk memberikan yang terbaik," lanjutnya.

Dari ucapannya itu, sudah jelas bahwa Napoli memiliki tiga kelemahan yang harus diperbaiki, yaitu teknis, taktik, dan mental. Khusus untuk mental, Gattuso juga sudah pernah membahas hal itu, tepatnya ketika mereka kalah 1-2 dari Sassuolo. Mental mereka sedang jatuh lantaran kekalahan beruntun yang dialami.

Pada pekan ke-21 kompetisi sepak bola Serie A Liga Italia, Napoli akan menghadapi laga berat melawan Juventus di San Paolo. Ini adalah pertandingan yang bakal sangat mengkhawatirkan bagi pasukan Gli Azzurri. Sebab jika kalah lagi, mereka akan semakin mendekati zona degradasi. Sehingga, Gennaro Gattuso wajib melakukan persiapan dengan matang, salah satunya adalah 'training retreat' itu.