Liga Inggris

3 Pembelian Tersukses Sekaligus Termahal di Liga Inggris

Senin, 20 Januari 2020 20:13 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Nugrahenny Putri Untari
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Bursa transfer kerap dijadikan patokan kebijakan transfer suatu klub. Hal tersebut juga berkaitan dengan berapa banyaknya biaya yang dikeluarkan demi naiknya performa skuat setelah pasar jual beli ditutup.

Tak terkecuali klub-klub di Liga Inggris. Bahkan beberapa musim terakhir, banyak klub Liga Inggris rela menggelontorkan dana transfer yang tak sedikit untuk satu pemain demi harapan meningkatnya penampilan mereka.

Tercatat, beberapa rekor transfer pernah dicatat oleh klub-klub tersebut, dari rekor transfer domestik hingga rekor transfer dunia.

Untuk edisi kali ini, Bruno Fernandes dan Timo Werner diprediksi akan diboyong ke Liga Inggris dan menjadi salah satu rekrutan termahal. Tetapi, apakah dana transfer jor-joran yang dikeluarkan sebanding dengan penampilan mereka di lapangan?

Jawabannya adalah tidak. Beberapa pemain terbukti flop dan harapan yang dibebankan ke pundaknya terpaksa harus dibebankan ke pundak pemain lainnya.

Tetapi, apakah ada yang sukses memenuhi banderol mahal yang disematkan kepadanya? Tentu saja ada. Dilansir dari givemesport, berikut 3 pemain yang sukses di Liga Inggris setelah didatangkan dengan harga yang bikin geleng-geleng kepala.

Virgil van Dijk – Southampton ke Liverpool (75 juta poundsterling atau sekitar Rp1,3 triliun)

Van Dijk adalah contoh sempurna bagaimana seharusnya transfer bulan Januari dilakukan. Diboyong Jurgen Klopp pada tahun 2018, dirinya berhasil menjadi tembok tangguh sekaligus solusi atas krisis di lini pertahanan Liverpool yang telah terjadi selama beberapa musim.

Kedatangannya berdampak pada performa Liverpool yang langsung tampil cemerlang. Hasilnya, Van Dijk berhasil mengantarkan 3 trofi (Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub) ke Anfield tahun 2019 lalu.

Riyad Mahrez – Leicester City ke Manchester City (60 juta poundsterling atau sekitar Rp1,06 triliun)

Bintang asal Aljazair ini hijrah ke Manchester City setelah berhasil tampil sangat menawan dan membawa Leicester menjuarai Liga Inggris untuk pertama kalinya.

Menjalani awal kariernya di Etihad dengan penuh hambatan, saat ini Mahrez menjelma menjadi salah satu senjata andalan Pep Guardiola saat skuatnya membutuhkan seseorang yang bisa memecah kebuntuan lewat aksi-aksi individual.

Sejauh ini, Mahrez berhasil mencetak 7 gol dan 9 umpan dari 19 penampilannya bersama The Citizens. Catatan tersebut masih terus bertambah seiring performa konsistennya sejauh ini.

Harry Maguire – Leicester City ke Manchester United (80 juta poundsterling atau sekitar Rp1,4 triliun)

Maguire didatangkan untuk menjawab pertanyaan akan permasalahan menahun yang terjadi di lini belakang Manchester United selepas kepergian bek legendaris mereka, Rio Ferdinand dan Nemanja Vidic.

Didatangkan pada bursa transfer musim panas kemarin, dirinya menjelma menjadi salah satu aktor kunci atas rapatnya pertahanan The Red Devils sejauh ini.

Tercatat, skuat asuhan Solskjaer saat ini baru kebobolan 27 gol dari 23 laga yang telah mereka mainkan. Hasil tersebut membuat mereka berada di peringkat 5 klub yang paling sedikit kebobolan, di bawah Liverpool, Sheffield United, Leicester City, dan Crystal Palace.