Bola Internasional

Mengenang Setahun Tewasnya Emiliano Sala dalam Tragedi Kecelakaan Pesawat

Selasa, 21 Januari 2020 10:15 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Indra Citra Sena
© Eli Suhaeli/INDOSPORT
Emiliano Sala menjadi buah bibir tepat 21 Januari setahun lalu usai menghilang dalam kecelakaan pesawat menuju Inggris guna bergabung ke klub Cardiff City. Copyright: © Eli Suhaeli/INDOSPORT
Emiliano Sala menjadi buah bibir tepat 21 Januari setahun lalu usai menghilang dalam kecelakaan pesawat menuju Inggris guna bergabung ke klub Cardiff City.

INDOSPORT.COM - Emiliano Sala menjadi buah bibir tepat 21 Januari setahun lalu usai menghilang dalam kecelakaan pesawat menuju Inggris guna bergabung ke klub Cardiff City.

Setahun sudah berlalu saat pertama kali berita menghilangnya Emiliano Sala mengebohkan jagat sepak bola. Tepat di 21 Januari 2019, pesepak bola asal Argentina ini berangkat menunju Inggris guna menjalani latihan bersama Cardiff City, klub yang dua hari sebelumnya resmi merekrutnya dari Nantes.

Menumpangi pesawat kecil bertipe Piper PA-46 Malibu, pria 28 tahun itu terbang dari Nantes sekitar pukul 19.00 malam waktu setempat menuju Cardiff. 

Namun, cuaca buruk membuat pesawat yang dikendalikan pilot David Ibbotson sempat melapor ke air traffic control  akibat mengalami hilang kendali. Sekitar pukul 20.30, pesawat yang ditumpangi Sala pun benar-benar menghilang dari radar di sekitar Selat Channel Inggris.

Setelah pesawat yang ditumpangi Emiliano Sala dinyatakan hilang, segala upaya pencarian pun dilakukan. Sayangnya hingga tiga hari dilakukan pencarian, tak ada titik terang didapat. Pencarian pesawat nahas itu pun dihentikan oleh pihak kepolisian pada 24 Januari 2019.

Diberhentikannya pencarian saat jenazah Emiliano Sala belum ditemukan, sontak mengundang banyak simpati berbagai pihak. bahkan sempat beredar pesan singkat dari Sala ke seorang kerabat kala dirinya masih dalam penerbangan dan merasa pesawat yang ditumpanginya akan jatuh.

Dengan upaya berbagai pihak yang menggalang dana melalui situs GoFundMe, upaya pencarian Emiliano Sala dan pesawat yang hilang itupun dilakukan secara swadaya mulai 26 Januari 2019.

Titik terang kemudian hadir saat memasuki Februari. Tepat 3 Februari, Badan Investigasi Kecelakaan Udara Inggris (AAIB) melaporkan telah menemukan pesawat yang ditumpangi Sala. Berada di kedalaman lebih dari 200 kaki di Selat Channel Inggris atau berjarak 33,7 kilometer dari lepas Pantai Guernsey.

Sehari setelahnya, menggunakan remotely operated vehicle (ROV) pihak AAIB mengumumkan telah menemukan satu jenazah di dalam bangkai pesawat Piper Malibu tersebut.

Pada 7 Januari, akhirnya jenazah dalam pesawat yang ditemukan itu berhasil diangkat ke permukaan. Dan pada hari yang sama, diumumkan bahwa benar yang ditemukan adalah jasad Emiliano Sala.

Luar biasanya perhatian terhadap hilangnya pesawat yang mengangkut Emiliano Sala itu memang tak bisa dilepaskan dari sosok pria yang berposisi sebagai penyerang itu sendiri.

Sebab di musim itu, Emiliano Sala  begitu menjadi perhatian di sepak bola Ligue 1 Prancis. Berada dalam puncak karier, dia sukses mencetak 12 gol hanya dalam 19 penampilan.

Tak mengherankan kemudian datang minat dari klub kasta tertinggi Liga Inggris, Cardiff City, yang rela menggelontorkan dana segar hingga 15 juta pound (sekitar Rp275 Miliar) untuk mendatangkan Emiliano Sala.

Meski akhirnya harus merelakan sang pemain, terbang jauh kekehidupan kekalnya lewat penerbangan pesawat Piper Malibu 21 Januari 2019 silam.