Bola Internasional

Para Bintang Liga Indonesia yang Cetak Hattrick di Piala AFC, Persija Mendominasi

Kamis, 23 Januari 2020 18:17 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© foxsportsasia
Bintang Liga Indonesia yang Hattrick di Piala AFC, Persija Jakarta dan Persipura Jayapura mendominasi Copyright: © foxsportsasia
Bintang Liga Indonesia yang Hattrick di Piala AFC, Persija Jakarta dan Persipura Jayapura mendominasi

INDOSPORT.COM - Termasuk Ferdinand Sinaga, berikut para bintang Liga Indonesia yang juga berhasil mencetak tiga gol alias hattrick di ajang Piala AFC. Persija Jakarta dan Persipura Jayapura sukses mendominasi daftar.

Leg pertama babak play off Piala AFC 2020 pada Selasa (22/1/20) lalu, PSM Makassar yang berhadapan dengan wakil Timor Leste, Lalenok United sukses menang besar dengan skor telak 1-4.

Bertanding di stadion Kapten I Wayan Dipta, skuat Juku Eja sempat tertinggal lebih dulu berkat gol Daniel Adade menit kedua, namun Ferdinand Sinaga membalikkan keadaan lewat lesakkan gol menit 12', 69', dan 72'. Serta satu gol tambahan yang dicetak Giancarlo Lopes Rodrigues menit 41'.

Dengan kemenangan tersebut, membuat langkah PSM untuk bisa lolos ke babak penyisihan grup Piala AFC 2020 akan semakin terbuka, terlebih leg kedua nanti juga bakal berlangsung di Indonesia.

Selain peluang lolos ke penyisihan grup yang semakin terbuka, terdapat beberapa catatan menarik di balik kemenangan telak PSM kontra Lalenok United di Piala AFC kemarin.

Salah satunya lesakkan tiga gol Ferdinand Sinaga, yang membuat mantan penyerang Persib tersebut memecahkan rekor sebagai pemain asli Indonesia pertama yang bisa mencetak hattrick di Piala AFC.

Ferdinand Sinaga juga merupakan pemain Liga Indonesia keenam, yang berhasil melakukan hattrick di Piala AFC sejak pertama kali berpartisipasi tahun 2009 silam.

Sebelum Ferdinand Sinaga, ada beberapa legiun asing yang memperkuat klub lokal Tanah Air yang juga berhasil mencetak tiga gol bahkan lebih ketika tampil di kompetisi antarklub benua Asia ini.

Persija dan Persipura menjadi tim yang paling sering menyumbangkan pemainnya di daftar pencetak hattrick Piala AFC. Total dari enam pemain Liga Indonesia yang hattrick di Piala AFC, Persija menjadi tim dengan total gol terbanyak yakni delapan.

Lebih lengkapnya, berikut INDOSPORT.COM rangkum para bintang Liga Indonesia yang berhasil mencetak tiga gol alias hattrick di ajang Piala AFC:

  • Anoure Obiora (Sriwijaya FC vs Victory SC) Piala AFC 2010
  • Boakay Eddie Foday/4 Gol (Persipura vs Yangon United) Piala AFC 2014
  • Robertino Pugliara (Persipura vs Al Kuwait) Piala AFC 2015
  • Marko Simic/5 Gol (Persija vs JDT) Piala AFC 2018
  • Bruno Matos/ (Persija vs Shan United) Piala AFC 2019
  • Ferdinand Sinaga (PSM Makassar vs Lalenok) Play-off Piala AFC 2020