Liga Champions

Dari Di Stefano Sampai Bale, Melihat Kembali Seluruh Gol Real Madrid di Final Liga Champions

Kamis, 23 Januari 2020 20:32 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COMReal Madrid adalah salah satu klub tersukses di Liga Champions, hal tersebut bisa terlihat dari 13 trofi Liga Champions yang berhasil mereka raih sejauh ini. Selain itu, partai final yang melibatkan mereka pasti akan diwarnai aksi menarik dan juga gol-gol cantik.

Saking digdayanya, mereka berhasil menjadi kampiun Liga Champions edisi pertama pada musim 1955/56 dan sukses mempertahankan gelar tersebut 5 kali secara beruntun sampai dengan musim 1959/60.

Dominasi Madrid di Liga Champions pada tahun 1955 sampai dengan 1960 tak lepas dari kecemerlangan Alfredo Di Stefano. Legenda asal Argentina tersebut adalah salah satu pemain yang dianggap sebagai penyerang terbaik di planet ini.

Bahkan, dalam 5 edisi final Liga Champions perdana yang berhasil dimenangkan secara beruntun oleh Madrid, Di Stefano selalu sukses mencetak gol dan berkontribusi dalam kemenangan yang membuat Los Blancos menjadi salah satu klub yang ditakuti di Eropa saat itu.

Ketajamannya dalam gelaran Liga Champions bukan sekadar isapan jempol, dirinya bahkan berhasil mencatatkan diri sebagai penyerang paling subur dalam gelaran Liga Champions musim 1957/58 dengan 10 gol.

Memutar waktu ke depan, Madrid dengan skuat mewahnya kembali berhasil tampil mendominasi Liga Champions di musim 1997/98, 1999/00, dan 2001/02. Saat itu, selain sudah mulai bertabur bintang, lini depan Madrid tampil sangat berbahaya dengan kehadiran duo bintang baru Spanyol, Raul Gonzalez dan Fernando Morientes.

Salah satu trofi Liga Champions yang paling berkesan untuk Madrid berhasil mereka raih di tahun 1999/00 dengan menundukkan Valencia yang sedang berada di masa kejayaan mereka. Gol cantik Raul yang berhasil mengecoh Santiago Canizares mungkin akan selalu diputar dalam setiap cuplikan gol Los Blancos di Liga Champions.

Di final tahun 2001/02, Madrid berhasil mengandaskan perlawanan Bayer Leverkusen dengan skor 2-1. Gol ikonik Zinedine Zidane yang masih selalu menjadi bahan perbincangan tercipta di laga ini.

Raksasa LaLiga Spanyol ini terakhir kali menjadi kampiun di musim 2017/18. Saat itu, Cristiano Ronaldo dkk berhasil memupuskan harapan Liverpool untuk kembali menjadi raja di Eropa. Dua gol dari Gareth Bale berhasil membuat Madrid menjadi kampiun Liga Champions selama 3 tahun berturut-turut.