Bola Internasional

Tampil Menggila Lawan Lalenok United, Ferdinand Sinaga Cetak Rekor di Piala AFC

Kamis, 23 Januari 2020 16:35 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Media PSM Makassar
Tampil menggila saat melawan Lalenok United di babak kualifikasi, bintang PSM Makassar yakni Ferdinand Sinaga sukses mencetak rekor di Piala AFC. Copyright: © Media PSM Makassar
Tampil menggila saat melawan Lalenok United di babak kualifikasi, bintang PSM Makassar yakni Ferdinand Sinaga sukses mencetak rekor di Piala AFC.

INDOSPORT.COM - Tampil menggila saat melawan Lalenok United pada babak kualifikasi Piala AFC salah satu bintang PSM Makassar, Ferdinand Sinaga sukses mencetak rekor di ajang ini.

Dalam pertandingan leg pertama babak play-off Piala AFC 2020 pada Rabu (22/01/20) lalu, skuat PSM sukses menggilas wakil Timor Leste, Lalenok United dengan skor mencolok 1-4.

Pada laga tersebut, striker Juku Eja yakni Ferdinand Sinaga sukses menjadi bintang dengan membukukan tiga gol alias hattrick ke gawang Nathaniel Agbozo.

Sempat tertinggal lebih dulu menit ke-2 melalui aksi Daniel Adade, namun PSM bangkit dan silih berganti Ferdinand Sinaga mencetak gol pada menit 12', 69', dan 72'. Serta tambahan satu gol melalui Giancarlo menit ke-41'.

Berhasil mencetak hattrick sekaligus menghantarkan PSM Makassar menang telak pada leg pertama play-off Piala AFC, membuat Ferdinand Sinaga memecahkan satu rekor menarik di kompetisi antarklub Asia level kedua tersebut.

Rekor tersebut adalah pemain Indonesia pertama yang mencetak hattrick di Piala AFC, sejak wakil Liga Indonesia pertama kali berpartisipasi pada tahun 2009 silam.

Sebelumnya, para pemain asli Indonesia paling jauh cuma mencetak dua gol ketika bertanding di Piala AFC. Beberapa nama penyerang top Tanah Air berhasil mencatatkan namanya dalam urusan brace di ajang ini.

Sebut saja Elie Aiboy yang memperkuat PSMS tahun 2009, pada debut pertama tim Indonesia di Piala AFC tersebut dirinya menghantarkan skuat Ayam Jantan menang 3-1 saat berjumpa Johor FC, sekaligus menjadi pemain Indonesia pertama yang mencetak brace di Piala AFC pada menit 53' dan 65'.

Pada Piala AFC 2009, PSMS berhasil lolos ke babak 16 besar dengan status runner up dibawah South China. Namun sayang perjalanan mereka terhenti di 16 besar usai kalah dari Chonburi dengan skor 4-0.

Setelah Elie Aiboy, beberapa penyerang lokal Indonesia tetap bersinar dan mencetak brace di Piala AFC seperti Arif Suyono (SriwijayaFC/Piala AFC 2010) serta Boaz Solossa (Persipura/Piala AFC 2011).